Digital

Peran serta Yayasan Berdikari bagi Bangsa dalam teknologi digital

5 Juni 2018   15:40 Diperbarui: 5 Juni 2018   15:43 313 0 0

Perkembangan teknologi Digital saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendukung dalam berbagai kegiatan manusia baik individu maupun dunia usaha. Munculnya berbagai macam aplikasi berbasis teknologi digital diikuti dengan perkembangan perusahaan startup menjadi bukti betapa teknologi ini tidak dapat dipisahkan dari aktivitas sehari-hari.

Tujuan dari layanan digital tersebut tidak lain adalah untuk mempermudah masyarakat maupun dunia usaha dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya. Mulai dari jual beli barang, layanan transportasi, pengiriman barang, dan lain-lain sudah dapat dilakukan dengan beragam aplikasi yang bermunculan.

Salah satu bentuk komitmen untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam bidang keuangan dan pajak ditunjukkan oleh Yayasan Berdikari Bagi Bangsa dengan membuat aplikasi/portal : www.bprosearch.com dan www.pajakpro.com.  Berikut ulasan tentang 2 portal tersebut :

  • Portal www.bprosearch.com, bertujuan untuk mempermudah masyarakat atau dunia usaha dalam mencari peraturan terbaru dalam bidang keuangan, perbankan, pajak dan pasar modal. Peraturan-peraturan ini diambil dari berbagai macam sumber seperti BI, OJK, Dirjen Pajak, dll. Dalam portal ini, pengguna dapat dengan mudah mencari peraturan yang diinginkan dan melihat peraturan apa saja yang baru dikeluarkan.
  • Portal www.pajakpro.com, dibuat untuk masyarakat umum maupun dunia usaha yang kesulitan dalam menghitung dan melaporkan pajak penghasilan. Pajak penghasilan yang dimaksud adalah Pph 21, Pph 23, Pph ayat 4.2. Ketiga jenis pajak penghasilan tersebut sebenarnya dapat dihitung dengan menggunakan aplikasi e-spt. Namun untuk perusahaan yang memiliki banyak pegawai tentu akan memakan waktu dan tenaga dalam memasukkan secara manual tiap wajib pajak. Atas dasar kesulitan tersebut, pajakpro.com hadir dalam memberikan layanan perhitungan pajak penghasilan yang mudah dilakukan oleh siapapun dalam jumlah berapapun. Layanan ini cocok untuk para pengusaha kecil/menengah maupun yang baru memulai usaha dan tidak mau pusing dengan berbagai administrasi perpajakan. Dengan layanan ini diharapkan masyarakat dan pelaku usaha dapat memberikan kontribusi dalam pelayanan pelaporan pajak bagi negara, sehingga pajak tidak lagi dimanipulasi atau dihindari.

Berbagai macam portal maupun aplikasi teknologi digital tentunya akan sangat bermanfaat apabila sesuai dengan keinginan masyarakat dan terbukti dapat memecahkan masalah sehari-hari.

Semoga perkembangan teknologi digital dapat  digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan manusia dan tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk membuktikan hal tersebut silahkan lihat langsung.