Mohon tunggu...
Diana Sari
Diana Sari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ingin menjadi wanita berilmu

Apa adanya

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Penetapan Harga Jual Beras di Toko Firman Mangli Jember

20 Mei 2019   19:25 Diperbarui: 20 Mei 2019   19:34 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Perkembangan pasar saat ini ditandai dengan persaingan yang ketat karena relative banyak barang yang sejenis yang ditawarkan untuk memenuhi suatu kebutuhan sehingga merupakan " buyers market" jumlah pembeli lebih dominan daripada jumlah penjual. Hal inilah yang mendorong produsen untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai agar ia dapat menghadapi situasi persaingan tersebut. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan bukan hanya pengembangan prroduk yang baik, saluran distribusi yang luas, dan promosi yang gencar, melainkan yang penting juga adalah penetapan harga yang menarik dan membuatnya terjangkau oleh konsumen.

Semua organisasi, baik yang berusaha dengan tujuan  laba maupun  yang bertujuan nirlaba akan menghadapi masalah-masalah yang berhubungan dengan penetapatan harga atas produk yang mereka tawarkan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Meskipun demikian, sampai saat ini masih banyak perusahaan yang mengabaikan masalah penetapan harga walaupun harga memegang peraturan yang sangat penting dalam keputusan pembelian. Berdasarkan harga yang ditetapkan, konsumen akan mengambil keputusan apakah ia akan membeli produk tersebut atau tidak dan melakukan pengambilan keputusan berapa jumlah yang akan dibeli berdasarkan harga tersebut.

Tujuan suatu perusahaan dalam menerapkan strategi pemasarannya terhadap produk yang ditawarkan adalah untuk meningkatkan kuantitas penjualan dan menciptakan suatu transaksi menguntungkan bagi kedua belah pihak yaitu bagi pihak produsen dan pihak konsumen. Keuntungan yang diperoleh konsumen misalnya adalah melalui produk tersebut ia dapat memenuhi kebutuhannya dengan manfaat produk. Sedangkan bagi perusahaan adalah penjualan meningkat diharapkan akan meningkatkan pula laba bagi perusahaan sehingga perusahaan dapat terus berkembang dalam jangka panjang.
Salah satu strategi pemasaran yang penting yang dapat diterapkan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan nilai penjualanya adalah melalui kebijaksanaan harga. Kebijaksanaan harga ini dianggap penting karena harga merupakan satu-satunya unsur dalam bauran marketing mix yang menghasilkan penerimaan pendapatan sedangkan unsur-unsur lainnya seperti produk, distribusi, dan promosi, jelas mengakibatkan pengeluaran biaya. Sungguh pun demikian, masih banyak perusahaan yang tidak menggarap masalah harga dengan baik.

Kesalahan-kesalahan yang umum terjadi adalah penetapan harga. Karena harga merupakan salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan bagi produsen maupun konsumen untuk menjual dan membeli suatu produk karena menyangkut kelangsungan suatu usaha.

Oleh Karena itu, bertitik tolak dari latar belakang maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berhubungan dengan penetapan harga. Dan penulis mengambil judul "Analisis Penetapan Harga jual beras ditoko Firman mangli, jember"Toko firman berdiri berawal dari hobi ibu Linda yang suka berbisnis yaitu berdagang. Dengan berbekal keinginan mewujudkan passionnya, dan mendirikan toko yang diberi nama "Toko Firman". Toko firman berdiri sejak tahun 2012  yang bergelut dalam usaha ritel yaitu kebutuhan pokok, seperti sembako dan kebutuhan lainnya. Toko ini beralamat di Jl. Jumat Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Toko ini berlokasi dikawasan strategis padat penduduk dan  berdekatan dengan daerah kampus Iain Jember.

Usaha ibu Linda sangat didukung oleh keluarga terutama suami ibu Linda yaitu pak Firman. Yang mana pak Firman selalu mendorong ibu Linda untuk terus mengembangkan usahanya agar dapat mewujudkan keinginannya yaitu menjadi pebisnis meskipun bisnis kecil-kecilan. Tujuan awal ibu Linda adalah untuk mengembangkan passionnya dibidang usaha dan juga untuk menambah pendapatan keluarga.
Proses dan perhitungan terbentuknya Harga pada toko ibu Linda "Toko Firman"
Penetapan harga merupakan suatu masalah jika perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan atau memperoleh produk baru, ketika akan memperkenalkan produknya keseluruh distribusi baru atau daerah baru, ketika melakukan penawaran atau suatu perjanjian kerja baru.

Harga barang menjadilah sangat penting, artinya bila harga barang terlalu mahal dapat mengakibatkan barang menjadi kurang laku dan sebaliknya bila menjadi terlalu murah, keuntungan yang didapat menjadi berkurang. Banyak konsumen beranggapan bahwa harga barang yang tinggi identik dengan mutu yang tinggi. Demikian pula sebaliknya, mutu barang yang rendah cenderung diikuti dengan yang murah.
Strategi  penetapan harga yang ada pada toko bu Linda ( Toko Firman) sebagai berikut:


Penetapan harga Mark-up ( Mark-up pricing). Mark-up merupakan jumlah rupiah yang ditambahkan pada biaya dari suatu produk untuk menghasilkan harga jual. Jadi, Mark- up tersebut dipakai untuk menutup biaya overhead dan laba bagi perusahaan.
Biaya bahan baku beras:Rp. 212.500.00/ 25 kg

Rp. 8.500/kg
Margin keuntungan yang diinginkan : 6%
Rumus : P
Jawab!     P =  8.500 + 6% = 9.000/ kg
Jadi laba yang diperoleh dalam 25 kg beras yang dijual adalah senilai Rp. 12.500.
Penetapan harga berdasarkan permintaan

Dalam penetapan harga berdasarkan permintaan yaitu jika harga beras dipasar turun maka permintaan jumlah beras ditoko bu Linda akan meningkat begitupun sebaliknya jika harga beras dipasar naik maka permintaan ditoko ibu Linda akan turun. Dalam penetapan harga ibu Linda mengikuti mekanisme pasar. Yang mana harga yang ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran yang berlaku dipasaran.


Penetapan harga  ditoko Firman sangat berpengaruh terhadap penjualan. Apalagi saat event tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri maka hal seperti penetapan harga dan kualitas sangat berpengaruh terhadap penjualan dan juga laba yang didapat, apakah meningkat atau menurun. Oleh sebab itu ibu Linda sudah merancang sedemikian rupa dalam penetapan harga agar penjualan terus meningkat dan keuntungannya mengikuti.Jadi bu Linda dalam penetapan harga jual menggunakan metode basis biaya yaitu Mark-up pricing dan basis permintaan.dan juga penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan dan keuntungan yang diperoleh ibu linda.Toko Firman menggunakan beberapa tahapan dalam proses penetapan harga jual. proses penetapan harga dimulai dari pembelian bahan, persediaan, cek total biaya produksi dan margin keuntungan yang diinginkan, sampai penetapan harga jual produk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun