Mohon tunggu...
DS Anwar
DS Anwar Mohon Tunggu... berusaha memperbaiki segala kekurangan

Menulis untuk berbagi dan bercerita. Sering memandang langit di malam hari sekadar untuk bertasbih, mengagumi benda yang bertebaran di langit, rembulan dan bintang-bintang-Nya.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

PRFC 2019: Perkemahan, Asyik, Menantang, dan Seru

13 September 2019   17:43 Diperbarui: 13 September 2019   17:45 0 1 1 Mohon Tunggu...
PRFC 2019: Perkemahan, Asyik, Menantang, dan Seru
Dokumentasi pribadi

CATATAN RINGAN SAAT LIBURAN SEKOLAH LALU

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore ... hore ... hore ...

Sebait lirik lagu ciptaan AT. Mahmud di atas tentu tidak asing lagi di telinga anak-anak di awal thaun 90-an. Meski lagu yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi cilik, Tasya Kamila pada masanya itu kini jarnag lagi didengar, tapi dapat mewakili perasaan gembira setiap anak sekolah ketika menghadapi saat liburan sekolah.

Setiap akhir tahun pelajaran yang ditandai dengan pembagian rapot dan kenaikan kelas, seatiap anak sekolah pasti akan menemukaN masa liburan panjang. Setelah melewati dua semester kegiatan belajar tentu saja hal ini menjadi momen berharga bagi yang mengalami. Baik anak sekolah maupun para orang tuanya. Namun, setiap liburan akhir thaun pelajarna tiba, tidak sedikit orang tua yang merasa kebingungan untuk mengisinya. Selain mungkin karena ada bebrapa orang tua yang sibuk bekerja, ada juga yang kebingungan mencari lokasi untuk berwisata atau bingung mencari wahana dan kegiatan yang pas untuk buah hatinya.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Berangkat dari hal itu, maka sebuah komunitas di Kabupaten Cianjur  yang bernama Komunitas Kreatif Cerdik  yang digawangi oleh 4 orang yang memiliki hobi literasi berusaha untuk mewujudkan sebuah kegiatan yang berbeda demi menciptakan sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi lburan anak sekolah. Kemudian mereka berembug dan mencari jenis kegiatan dan tema kegiatannya. Akhirnya tercetuslah sebuah kegiatan dengan nama Psycho Reli-Fun Camp atau PRFC-2019. Kegiatan ini berupa sebuah perkemahan di alam terbuka yang di dalamnya merupakan perpaduan beberapa tema dan materi. Di antaranya Psikologi, Keagamaan (Religi) dan Literasi yang menyenangkan (have fun). Namun di dalamnya juga terkandung kegiatan sains dan entreupreneurship/kewirausahaannya juga.

Namun, di dalam pelaksanaan kegiatan tersebut  KKC tidak berjalan sendirian. Para pengurus KKC menggandeng Biro Psikologi yang sudah memiliki nama dan terpercaya yaitu Biro Psikologi Grahita Indonesia cabang Cianjur dan sebuah komunitas menulis bertaraf nasional yaitu Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Wilayah Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (Senin-Rabu) 1-3 juli 2019 dengan mengambil  lokasi di perkemahan yang berhawa sejuk di daerah kawasan Bukit Golf Camp, Cibodas, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur.

HARI PERTAMA

Pada hari pertama (1 Juli) setelah melakukan registrasi ulang pada jam 10 pagi, semua peserta ditempatkan di tenda yang telah disediakan panitia. Peserta yang berjumlah 32 orang ( 12 putra dan 20 Putri) ini terbagi menjadi 8 kelompok kecil. Yaitu, 3 kelompok putra dan 5 kelompok putri. Masing masing kelompok dibimbing oleh satu orang pembimbing.

Kegiatan hari pertama ini diawali dengan pembukaan perkemahan, hari pertama dilanjutkan dengan kegiatan shalat berjamaah Zuhur. Selanjutnya semua peserta duduk rileks dan santai di atas terpal biru tepat di bawah sebuah pohon besar berdaun lebat dan rindang begitu meneduhkan. Dalam terpaan angin sejuk peserta mengikuti kegiata literasi yang disampaikan Koordinator FAM Jabar, Kang Dedi SA. Materi literasi ini berisi tentang pengenalan komunitas menulis FAM Indonesia, Jenis-jenis Sastra, dan Cara Mudah Menulis Puisi yang disajikan selama 90 menit hingga menjelang waktu Ashar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x