Mohon tunggu...
Dwi Rahmadj Setya Budi
Dwi Rahmadj Setya Budi Mohon Tunggu... penenun asa

Pengagum kebebasan dan demokrasi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

SBY Sukses Lalui Empat Badai Krisis, Ternyata Ini Kuncinya

14 Agustus 2020   15:11 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:19 52 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SBY Sukses Lalui Empat Badai Krisis, Ternyata Ini Kuncinya
Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sumber CNBC

Pasca krisis 1998, beberapa kali gejolak perekonomian global turut menggoyang perekonomian nasional. Tercatat, gejolak perekonomian global menghampiri Indonesia tahun 2005, 2008, 2009, dan 2013. Namun pemerintah saat itu, di bawah kendali Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sukses membawa Indonesia keluar dari badai krisis dengan selamat.

Dari beberapa literasi, ternyata ada dua pelajaran berharga yang menjadi kunci sukses SBY menghadapai krisis, yakni:

1. Menjadikan Krisis Masa Lalu sebagai Pembelajaran

Krisis ekonomi 1998 membuat perekonomian nasional goyah. Indonesia, Korea Selatan, dan Thailand adalah negara-negara yang terkena dampak krisis terparah. Banyak sendi-sendi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat yang terganggu.

Keadaan Indonesia saat itu kacau balau; banyak orang yang taj bersalah menjadi korban tindakan represif aparat, menipisnya bahan pokok, biaya hidup semakin tinggi, dan meningkatnya angka pemutusan hubungan kerja (PHK).

Berbekal pengalaman pahit itu, SBY menjadikan pengalaman krisis 1998 sebagai pelajaran berharga. Dari situ, SBY menyiapkan manajemen krisis yang baik. Pemerintah, ekonom, politisi, pengusaha diajak duduk bersama untuk mencari solusi dan menghadirkan kebijakan yang rasional berdasarkan strategi yang komprehensif.

SBY adalah sosok pemimpin dengan paket komplit. Di kalangan militer, beliau dikenal dengan ahli strategi. Dalam dunia akademik, Presiden RI keenam ini merupakan jebolan program doktoral bidang Ekonomi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor. Dan dalam dalam panggung politik, beliau juga menghiasi perjalanan dari tiga kepala negara (Soeharto, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri).

2. Tak Banyak Retorika, Tapi Hasil Kerja Terlihat Nyata

SBY adalah seorang pekerja keras. Masa kecil sebagai anak kampung membentuk karakternya yang giat bekerja dan tak gampang mengeluh. Hal ini juga lah yang menjadi kunci sukses SBY menyintas krisis yang beberapa kali menyapa periode pemerintahannya.

Berbicara ekonomi, SBY sangat hati-hati. Beliau tak mau gegabah dan banyak retorika. Beliau paham, stabilitas dalam negeri adalah salah satu kunci untuk tidak terpuruk dalam krisis.

Dengan kerja nyata tanpa banyak retorika tersebut, pemerintahan SBY memperlihatkan perkembangan positif pembangunan Indonesia. Pertama, keberhasilan menjaga kondisi makro. Kedua, pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi dengan rata-rata mencapai 5,9 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN