Mohon tunggu...
DR Rahmat
DR Rahmat Mohon Tunggu... Wartawan

Bekerja dan Berpikir

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Dari Janji Wakil Menteri, Evakuasi NIL dan Demo Warga

23 Januari 2021   00:03 Diperbarui: 24 Januari 2021   15:31 80 2 1 Mohon Tunggu...

Desa Kuala Karang :
Luas Desa Kuala Karang +-8000 km3 terdiri dari 3 dusun, 3 RW dan 11 RT, dengan jumlah penduduk 834 laki laki dan 764 perempuan (Badan statistik Kalbar 2018). 

Sementara mata pencarian mayoritas warga adalah Nelayan atau penangkap ikan laut dan hasil Keramba.


KUNJUNGAN WAKIL MENTERI;

Pada tahun tahun 2020 atau tepatnya hari Senin tanggal 27/1/2020 Kementerian ATR/BPN RI, yakni Surya Chandra (wk menteri) bersama rombongan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) lakukan kunjungan kerja ke wilayah Kalimantan barat, Kabupaten Kubu Raya, Kecamatan Teluk Pakedai, Desa Kuala Karang.

Ketika kunjungan itu, pihak kementerian dan rombongan mendapat informasi langsung, baik dari kepala Desa Kuala Karang (Ibrahim) maupun warga setempat tentang Abrasi pantai dan Tanggul pemecah Ombak yang harus segera di buat. karena di sepanjang pantai berdiri pemukiman warga yaitu beberapa RT termasuk RT 08 RW 02.


Selanjutnya usai kunjungan Wakil Menteri dan rombongan BPKH itu, Kepala Desa dan camat Teluk Pakedai melalui Musrembangdes lakukan usulan sebagai tindak lanjut program pengembangan desa.


Dari usulan tersebut, menurut ketua RT setempat, telah datang beberapa orang konsultan proyek dan melakukan survey serta penghitungan. Namun naas jelasnya, hingga bencana alam di bulan desember 2020 belum juga terealisasi.

Klimak bencana alam terjadi pada  bulan Januari tanggal 6 Januari 2021. Kata Mul. 

Badai ombak sudah porak porandakan ke delapan RT, janji tinggal kenangan, beberapa usulan belum terealisasi.


‘Janji mereka akan segera membangun DAM PEMECAH OMBAK,. Kata Mul Ketua RT setempat, tapi sampai sekarang tidak ada yang nongol’.
Kepala desa sudah mengeluarkan dana desa untuk orang survey. Tambah tokoh warga lain menimpali Mus.


“kami sudah bawa perkara ini demo di Kabupaten kubu raya dan Provinsi Kalbar (Gubernur.Red) serta mosi tidak percaya kepada Pemerintah Desa agar segera memperbaiki kinerjanya, Kata Mul. Mantan Kepala desa Kuala Karang”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN