Mohon tunggu...
DR Rahmat
DR Rahmat Mohon Tunggu... Wartawan

Bekerja dan Berpikir

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Demo warga Bongkar aib Pemerintah Desa

20 Januari 2021   02:04 Diperbarui: 22 Januari 2021   15:00 171 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Demo warga Bongkar aib Pemerintah Desa
Demo dikantor Kepala Desa Kuala Karang, Kecamatan Teluk Pakedai

Ibrahim Kepala Desa Kuala Karang Kecamatan teluk pakadai Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, hari selasa (19/1) didatangi puluhan warga demo, dan dari Pantauan sepanjang jalan Mas bangun Desa Kuala Karang, ada kelompok -kelompok warga setempat berdiri diskusi terkait aparat pemerintahan desa dan camatnya. Hari selasa itu seluruh warga setempat menanti akan digelarnya Musrembangdes.

Para warga menuntut agar Kades dapat merealisasikan alokasi dana desa dan menurut para juru bicara warga sejak tahun 2018 hingga tahun 2020 selalu ditutup tutupi oleh aparat desa Kuala Karang maupun aparat kecamatan Teluk Pakedai.

Dalam demo tersebut, tiga (3) juru bicara perwakilan warga setempat mencecar Kepala Desa yang agak bersembunyi berdiri disudut pintu bagian dalam, Namun Hendi (wakil camat) yakni salah satu dari utusan Kepala Kantor Kecamatan Teluk Pakedai yang seolah menjadi penengah menimpali pertanyaan pemdemo namun dianggap warga sebagai yang memalukan karena menutupi kebohongan yang terulang lagi terkait perkara tersebut.

Ironisnya, Mulyadi Sekretaris desa Kuala Karang masuk di tengah cecaran yang menyudutkan Hendi dan membuat suasana makin panas karena tidak dapat menghadirkan rincian akumulasi hasil hitungan alokasi dana penggunaan anggaran. 

Dalam demo tesebut, ketiga (3) juru bicara warga setempat antara lain, Edi Suyanto alias Ati, Iyan dan Abud secara bergantian meminta kepada Mulyadi dengan segera atau setidaknya hari ini untuk memasang di papan pengumuman Baleho yakni hasil laporan rincian hitungan alokasi penggunaan anggaran desa dikantor kepala Desa ditempat papan pengumuman.

" Supaya pengelolaan anggaran desa terlihat transparan karena selama ini ditutup tutupi termasuk tidak di ketahui Badan Perwakilan Desa, Kata  Ati di timpal oleh Abud, bahwa perkara ini harus di selesaikan hari ini juga".

Menanggapi cecaran pemdemo yang makin bersorak, akhirnya Sekretaris Desa Mulyadi berjanji dan meminta kepada juru bicara warga cukup di ketahui dan di bahas secara internal.

'Masalah lama lupakan saja, dan untuk masa sekarang tidak akan terjadi lagi'  Kata nya. Namun Ati tetap mempertegas bahwa perkara ini harus segera di selesaikan. (DR).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x