Mohon tunggu...
Ade hendropriono
Ade hendropriono Mohon Tunggu... Editor

Student at Kalbis institute

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pengaruh Pancasila terhadap Sosialisme dan Liberalisme

20 Juni 2019   04:19 Diperbarui: 20 Juni 2019   04:21 0 3 3 Mohon Tunggu...

Setiap bangsa dan negara yang ingin berdiri kokoh kuat, tidak mudah terombang-ambing oleh kerasnya persoalan hidup berbangsa dan bernegara, sudah barang tentu perlu memiliki dasar negara dan ideologi negara yang kokoh dan kuat pula. Tanpa itu, maka bangsa dan negara akan rapuh.

Mempelajari Pancasila lebih dalam menjadikan kita sadar sebagai bangsa Indonesia yang memiliki jati diri dan harus diwujudkan dalam pergaulan hidup sehari-hari untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermartabat dan berbudaya tinggi. Untuk itulah kalian diharapkan dapat menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Pengetahuan yang kalian peroleh dalam bab ini juga dapat dijadikan bekal keterampilan menganalisis dan bersikap kritis terhadap sikap para penyelenggara negara yang menyimpang dari cita-cita dan tujuan negara. 

A. PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI NEGARA

1. Perlunya Ideologi bagi Suatu Negara
a. Pengertian Ideologi
Ideologi berasal dari kata idea (Inggris), yang artinya gagasan, pengertian. Kata kerja Yunani oida = mengetahui, melihat dengan budi. Kata "logi" yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan. Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasangagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari menurut Kaelan 'idea' disamakan artinya dengan citacita. Dalam perkembangannya terdapat pengertian Ideologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Istilah Ideologi pertama kali dikemukakan oleh Destutt de Tracy seorang Perancis pada tahun 1796. Menurut Tracy ideologi yaitu 'science of ideas', suatu program yang diharapkan dapat membawa perubahan institusional dalam masyarakat Perancis.

Selain itu, ideologi politik juga umumnya berkaitan dengan pengaturan kekuasaan dan bagaimana pembagian kekuasaan harus dilakukan dan dilaksanakan dalam suatu negara. Lantas apa saja macam-macam ideologi politik yang pernah diterapkan atau masih diterapkan pada suatu negara? Berikut ini ada beberapa macam-macam ideologi politik secara umum diantaranya adalah: 

Jenis Ideologi

1. Liberalisme

Macam dari ideologi politik yang pertama adalah liberalisme yang berasal dari kata liberalis yang bermakna "bebas". Artinya bahwa dalam ideologi politik liberalisme didalamnya menjunjung tinggi adanya kebebasan individu. Dimana liberalisme sendiri merupakan suatu ideologi maupun tradisi politik yang berdasar pada adanya pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak setiap individu adalah sama dan perlu diutamakan dalam nilai politik. Artinya bahwa liberalisme diterapkan dalam suatu negara dalam sistem politiknya biasanya bertujuan untuk menciptakan suatu masyarakat yang bebas. Salah satu ciri dari ideologi liberalisme adalah adanya kebebasan dalam menyampaikan pendapat.

2. Sosialisme

Berkebalikan dengan ideologi kapitalisme, muncul pula ideologi politik yang bernama ideologi atau paham sosialisme. Dimana ideologi sosialisme ini lebih mengutamakan suatu kebersamaan dan tujuan serta kepentingan bersama sebagai satu bagian masyarakat. Dimana kepentingan individu dan kepentingan bersama harus berjalan secara bersamaan. Salah satu ciri-ciri ideologi sosialisme adalah diperlukannya adanya campur tangan pemerintah atau negara dalam segala macam hal yang terjadi didalam masyarakatnya demi mencapai tujuan negara yang sama.

Ideologi ini juga didasarkan pada adanya pemahaman bahwa setiap manusia atau individu hidup bukan hanya untuk bebas saja tetapi juga sebagai makhluk sosial yang wajib untuk saling tolong menolong.
Itulah tiga macam ideologi utama dari macam-macam ideologi politik secara umum. Namun sebenarnya masih ada pula beberapa ideologi yang juga masih bisa tergolong pada ideologi politik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x