Mohon tunggu...
Drinancahya Dunya
Drinancahya Dunya Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Teknologi Pangan UNS 2017

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS COVID-19: Edukasi Ketahanan Pangan Melalui Program Warung Hidup

29 Juli 2020   21:40 Diperbarui: 29 Juli 2020   21:37 61 2 0 Mohon Tunggu...

Sukoharjo, 3 Juli 2020 - KKN COVID-19 UNS merupakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilakukan oleh mahasiswa UNS yang telah mengambil mata kuliah KKN dan dilakukan secara daring. Kegiatan KKN ini bertujuan untuk melakukan pendampingan, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat. Pendampingan, edukasi, dan pemberdayaan ini dilakukan kepada masyarakat sekitar wilayah tempat tinggal.

Saya Drinancahya Dunya (H0917030) dari Program Studi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian melakukan kegiatan KKN dengan tema Ketahanan Pangan Masyarakat. Dimulai pada tanggal 22 Mei 2020 berlokasi di Rt 03 Rw 03 Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kegiatan dilakukan di wilayah sekitar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan serta meminimalisir kontak langsung dengan warga. Dosen Pembimbing Lapangan, Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars. Mengatakan bahwa "Kegiatan KKN ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat yang tetap dilakukan secara daring."

Program - program yang dilaksanakan dengan mengangkat tema besar ketahanan pangan memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya warung hidup sebagai bentuk ketahanan pangan dalam keluarga. Kegiatan yang dilakukan antara lain sosialiasi mengenai definisi, manfaat, dan cara menghidupkan warung hidup di keluarga melalui grup whatsapp ibu - ibu PKK. Serta melakukan pembibitan tanaman kangkung, tomat, dan terong yang kemudian diberikan kepada masyarakat sekitar yang digunakan sebagai warung hidup pada setiap keluarga.

Kegiatan KKN Covid-19 UNS ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar karena dapat memberikan ilmu baru serta bermanfaat. Masyarakat sekitar jadi lebih mengerti fungsi warung hidup yang sangat penting serta mempermudah kebutuhan keluarga. Selain itu juga masyarakat bisa mempelajari tentang bercocok tanam yang baik seperti apa.

VIDEO PILIHAN