Mohon tunggu...
David.R.H
David.R.H Mohon Tunggu... Made in Indonesia

Berbagi ilmu dan pengalaman hidup

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ini Bukan Hutan, Percayalah

16 Maret 2019   01:38 Diperbarui: 16 Maret 2019   02:07 0 3 2 Mohon Tunggu...
Ini Bukan Hutan, Percayalah
Dokumentasi Pribadi

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat penting bagi kita. Sumber utama penghasil oksigen menjadikan tumbuhan sangat diperlukan oleh kita. Tumbuhan juga sering kita jadikan sebagai bahan makanan sebagai pemenuhan tubuh agar dapat bertahan hidup. Peran tumbuhan dalam kehidupan kita sehari-hari sangat beraneka ragam, tergantung pemanfaatannya yang seperti apa. Seperti foto diatas, tumbuhan yang sengaja ditanam (biasa kita sebut tanaman) untuk menghasilkan oksigen dan memperindah area lingkungan kampus.

Sesuai dengan judul tulisan ini, foto tersebut bukanlah diambil pada lokasi hutan melainkan salah satu kampus yang ada di Kota Salatiga. Melihat rimbunnya pohon beringin yang ada difoto tersebut membuat suasana hati terasa damai dan tenang. Penyejuk dikala cuaca sedang panas dan peneduh dikala cuaca sedang hujan menjadikan pohon tersebut sangat bermanfaat bagi seluruh civitas akademik yang ada di kampus tersebut. Bahkan, tak jarang terlihat beberapa burung yang bertengger disana dan juga beberapa jenis serangga yang hidup di pohon ini.

Ini Taman, Bukan Hutan

Masih bercerita tentang foto diatas, tanaman yang tumbuh difoto tersebut merupakan salah satu area taman yang ada di kampus tersebut. Taman tersebut memang termasuk taman yang paling luas areanya di kampus tersebut. Taman tak selalu identik dengan adanya tanaman bunga, buktinya seperti foto diatas. Ketika areal tersebut berisikan tanaman yang berfungsi sebagai penyegar tubuh (dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluru panca indera karena keindahannya), maka dapat kita katakan bahwa areal tersebut merupakan sebuah taman.

Taman tidak selamanya harus memiliki areal yang luas. Areal yang kecil pun dapat kita jadikan sebuah taman, tergantung bagaimana cara kita dalam menata tanaman-tanaman agar menjadi indah. Pemilihan jenis dan warna tanaman biasanya menjadi kunci utama dalam membuat sebuah taman menjadi indah. Seperti pada foto dibawah ini, pemanfaatan areal yang kecil sebagai sebuah taman yang indah. Entah percaya atau tidak, namun setahu saya pembuatan taman ini hanya dilakukan dalam waktu sehari dengan hasil yang "wow".

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Manfaat Taman di Area Kampus

Pertama, taman sebagai penghasil oksigen. Banyaknya jumlah civitas akademik yang beraktivitas pada lingkungan kampus membuat kita memerlukan suplai oksigen yang banyak pula. Kebetulan taman yang ada di kampus ini terbilang cukup banyak sehingga oksigen yang dihasilkan dapat memenuhi semua orang yang ada di kampus ini. Selain taman, kampus ini juga banyak ditanami pepohonan hijau disepanjang area kampus sehingga kampus ini sering dijuluki sebagai kampus hijau.

Kedua, taman sebagai penyerap polusi udara. Tidak adanya aturan dalam larangan merokok di area kampus membuat asap rokok dapat bertebaran dimana saja. Selain asap rokok, polusi udara yang ditimbulkan juga berasal dari asap kendaraan. Adanya taman dapat membantu mengurangi polusi udara yang ada karena terdapat beberapa jenis tanaman yang ditanami dapat menyerap polutan sehingga udara yang kita hirup lebih bersih.

Ketiga, taman sebagai pelepas penat. Kesibukan mahasiswa atau dosen sering kali membuat pikiran menjadi pusing dan bahkan stress. Tidak adanya tempat hiburan di area kampus membuat mereka menjadi susah untuk menghilangkan rasa penat tersebut. Adanya tanaman-tanaman berwarna hijau pada taman menjadikan kita yang melihatnya menjadi segar dalam seketika. Karena setahu saya dan memang sudah saya praktekkan, bahwa jika memang mata atau pikiran kita sudah lelah, cukup melihat tumbuhan yang berwarna hijau akan membuat kita segar kembali.

Keempat, taman sebagai tempat nongkrong dan belajar. Biasanya, tempat nongkrong untuk mahasiswa atau dosen selain kantin di kampus adalah di taman. Memilih nongkrong di taman malah memiliki manfaat lebih karena selain menyegarkan mata dan pikiran, taman biasanya tidak berisik atau ribut. Suasana pada taman biasanya tenang dan damai sehingga cocok sebagai tempat nongkrong ataupun belajar.

Kelima, keenam, dan seterusnya mungkin para pembaca sudah merasakan manfaatnya sendiri, entah itu taman sebagai tempat bertemunya jodoh, tempat menghasilkan rezeki, dan masih banyak manfaat lainnya yang mungkin belum saya ketahui namun itu menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2