Mohon tunggu...
David.R.H
David.R.H Mohon Tunggu... Jadikan hobi sebagai pekerjaan

Berbagi ilmu dan pengalaman hidup

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Paru-paru Kota Salatiga

29 Juni 2018   00:57 Diperbarui: 29 Juni 2018   01:03 0 4 1 Mohon Tunggu...
Paru-paru Kota Salatiga
Dok. Pri

Hampir seluruh kota-kota di Indonesia sudah memiliki taman kotanya tersendiri. Setiap kota akan memiliki taman kota yang berbeda tampilannya sehingga memiliki keunikan tersendiri. Walaupun memiliki tampilan yang berbeda, tujuan dibuatnya taman kota akan sama setiap kotanya yaitu sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Selain itu, tujuan lainnya adalah sebagai salah satu alternatif dalam melakukan penghijauan ditengah hiruk pikuknya kota. 

Biasanya, taman kota disebut juga sebagai paru-paru kota yang dikarenakan menyimpan banyak tumbuhan sehingga sebagai penghasil oksigen yang cukup banyak bagi manusia terutama masyarakat di kota tersebut.  Kota juga akan terlihat lebih indah jika memiliki taman ditengah kota.

Foto diatas diambil dari taman kota yang ada di kota Salatiga, Jawa Tengah. Taman ini dibangun pada tahun 2017 silam. Letak Taman Kota Salatiga cukup jauh dari pusat kota, namun masih mudah untuk diakses karena terletak dipinggir jalan raya Kopeng-Salatiga sehingga bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan beroda empat atau lebih bisa masuk dan parkir. Pada saat lebaran, Taman Kota ini juga dijadikan sebagai Rest Area bagi para pemudik yang melintasi jalan tersebut.

Taman Kota Salatiga juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Setiap tumbuhan yang ada di taman ini diberi nama Indonesia beserta nama latinnya sehingga anak-anak dapat mengenal jenis tumbuhan yang dilihat. Selain tumbuhan, taman kota ini juga terdapat kandang yang cukup besar untuk tempat tinggal hewan unggas seperti burung dan ayam kalkun. Burung yang ada dikandang tersebut cukup banyak jenisnya.

Dok. Pri
Dok. Pri
Taman Kota Salatiga juga terdapat beberapa wahana permainan yang dapat menarik perhatian anak-anak. Baik anak laki-laki maupun perempuan, mereka akan senang menikmati fasilitas yang disediakan di taman ini. Tentunya, para orang tua juga turut bahagia melihat anaknya dapat bercanda tawa dengan anak-anak lain pada saat bermain di taman ini. Selain anak-anak, para orang tua juga dapat menikmati keindahan taman disini dengan duduk santai dikursi yang telah disediakan disepanjang jalan di taman ini.

Dok. Pri
Dok. Pri
Dok. Pri
Dok. Pri
Bagi para orang tua yang sudah lanjut usia, Taman Kota Salatiga memiliki jalan yang sudah diberi bebatuan sebagai refleksi kaki. Namun, tak menutup kemungkinan usia yang masih muda pun akan mencobanya. Taman ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat olahraga seperti jogging karena memiliki track  yang cukup panjang dan berkelok-kelok.

Jika merasa lapar, berbagai jajanan juga siap memanjakan perut anda yang sedang berkunjung disana. Selain itu, taman kota ini juga memiliki toilet umum sehingga tidak perlu khawatir jika ingin buang air besar atapun kecil. Fasilitas yang ada di Taman Kota Salatiga bisa dibilang cukup lengkap. Jika anda memiliki waktu luang dan ingin sekedar bersantai, mungkin taman ini bisa dijadikan salah satu alternatif. 

Untuk masuk ke taman ini, pengunjung hanya perlu membayar uang retribusi parkir. Tetaplah menjaga kebersihan di taman ini dengan tidak membuang sampah sembarangan agar taman ini tetap terawat dengan baik.