Mohon tunggu...
dr Eka Fitria
dr Eka Fitria Mohon Tunggu... Dokter - Bekerja di Balai Litbangkes Aceh, ummi 2 anak, gemar berkebun, fotografi, jalan-jalan, bersepeda, kuliner, memasak, nonton, dan menulis.

Bekerja di Balai Litbangkes Aceh, ummi 2 anak, gemar berkebun, fotografi, jalan-jalan, bersepeda, kuliner, memasak, nonton, dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Memasak, antara "Passion" dan Bagian dari Peran Perempuan

5 Maret 2019   17:46 Diperbarui: 10 Maret 2019   10:13 320 13 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memasak, antara "Passion" dan Bagian dari Peran Perempuan
Menu rumahan yang sudah tersaji di meja makan (dokumen pribadi)

Peran seorang istri sekaligus ibu sangatlah besar di dalam rumah tangga. Seorang istri/ibu dituntut mampu melakukan banyak hal untuk melayani kebutuhan semua anggota keluarganya. 

Dia bisa menjadi wanita super yang mampu melakukan banyak hal seperti mendidik, mengasuh, malayani suami, manajer dalam keluarga, memasak, manata rumah, dan banyak pekerjaan lain yang mampu dilakoninya. 

Ibu adalah koki andalan bagi anak-anaknya. Dari tangannya, terlahirlah masakan-masakan yang lezat yang dibuatnya dengan segenap cinta untuk keluarganya. Memang tidak harus menjadi koki hebat, dan mungkin masakannya tidak seenak diluar sana, akan tetapi setidaknya kita mampu untuk memasak untuk menyajikan makanan terbaik untuk keluarga sehingga membuat suami dan anak-anak merasa bahagia sehingga kita dapat menjadi idola di hati mereka. 

Dulu, saat rasa jenuh datang, saya terpikir untuk membeli saja makanan di warung atau menyewa rantangan. Namun suami ternyata keberatan. Katanya, apakah makanan yang dibeli sudah cukup terjamin kebersihannya, kesehatannya, penggunaan bahan tambahan didalamnya, minyak goreng yang digunakan, dan sebagainya. 

Meskipun demikian bukan berarti kami anti terhadap makanan diluar, kami juga sesekali menghabiskan waktu untuk makan diluar bersama keluarga atau membeli makanan di warung dan makan bersama dirumah. 

Namun, untuk makanan yang memang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari yang harus kita konsumsi alangkah lebih baik jika saya dapat memasak dan menyajikannya untuk keluarga tercinta. 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Saya terngiang-ngiang dengan perkataan mamak (panggilan untuk wanita yang telah melahirkan saya)" setinggi apapun nanti kamu sekolah, kamu harus bisa memasak untuk membahagiakan suami dan anak-anakmu". 

Sudah menjadi tradisi di desa, setiap wanita harus bisa memasak dan dirumah kami sangat langka kita jumpai makanan/nasi bungkus yang dibeli dari luar, kecuali hanya sesekali saja. Jadi saya memang dituntut untuk bisa memasak sejak dulu dan mamak rajin mengajari saya bagaimana cara memotong/membersihin ikan, menggiling bumbu dengan gilingan batu pada masa itu, dan memasak (menanak nasi, menumis, menggoreng, membakar ikan). 

Saat saya melanjutkan sekolah menengah atas di ibukota propinsi, saya juga dibekali olehnya peralatan tempur untuk memasak. Jadi saat saya indekos, saya sudah tidak canggung lagi dalam hal memasak. Setelah berkeluarga kebiasaan masak itu tetap berlanjut dan bahkan semakin kesini saya semakin bersemangat memasak untuk keluarga. 

Apalagi melihat bagaimana kesungguhan dan rajinnya ibu mertua dalam memasak untuk membahagiakan keluarganya. Termasuk dalam hal menyetok ikan di freezer yang saya pelajari dari beliau karena kami wanita pekerja agar tidak kelabakan esok harinya ketika memasak.

Batu giling bumbu dan peralatan memasak jaman dulu (dokumen pribadi)
Batu giling bumbu dan peralatan memasak jaman dulu (dokumen pribadi)
Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri tiap weekend berburu ikan dan menyetok ikan dalam freezer untuk seminggu kedepan. Malam hari baru berfikir mau diolah apa besok ikan-ikan ini ya? Urusan dapur memang menjadi prioritas dalam rumah tangga, karena ketika anggota keluarga dapat menikmati hasil masakan kita maka hati juga akan bahagia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x