Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Bulan Akhir Semester: Hal Apa Saja yang Dinilai oleh Guru?

18 Desember 2022   17:53 Diperbarui: 27 Desember 2022   00:07 718
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto pembagian rapor | Sumber: foto.kompas.com 

Piala Dunia FIFA 2022 sedang mencapai puncaknya. Pertandingan final antara Argentina dan Prancis sudah ditunggu jutaan pemirsa sepak bola. Bulan Desember tahun ini pun ada yang menjuluki sebagai bulannya para pecinta sepak bola.

Bagi para guru, bulan Desember ini cocok untuk disebut sebagai bulannya "pengisian rapot", bulan akhir semester ganjil. Karena bertepatan dengan momen laporan penilaian akhir semester, penyusunan dokumen hasil belajar siswa selama satu semester.

Laporan hasil belajar siswa (rapot) tentu tidak sama dengan laporan hasil akhir pertandingan sepak bola. 

Sebagai penonton sepak bola, kita tidak perlu capek-capek menilai proses latihan pemain, atau latihan rutin hari demi hari sebelum pertandingan sebenarnya berlangsung. Sebab skor di akhir pertandingan sudah cukup bagi penonton.

Berbeda dengan skor pertandingan sepak bola yang hasilnya dapat ditemukan dalam 2 x 45 menit, penyusunan nilai untuk laporan hasil belajar siswa tidak cukup dengan durasi sesingkat itu.

Hasil akhir atau nilai tes yang lazim dilakukan khusus di akhir semester sebetulnya bukan menjadi satu-satunya sumber penilaian di rapot siswa. Penilaian terhadap siswa tidak sekedar bersumber dari angka akhir yang muncul dari satu tes, tatkala siswa "bertanding", menjawab soal-soal dalam ujian PAS (Penilaian Akhir Semester).

Jauh sebelum ujian di akhir semester berlangsung, catatan penilaian sebenarnya sudah terjadi. Sejumlah penilaian dari guru dilakukan sebelum, sesudah, dan sesaat pembelajaran di kelas berlangsung. Momen-momen penilaian tersebut dikenal juga dengan istilah asesmen formatif dan asesmen sumatif dan asesmen diagnostik.

Ketiga momen penilaian tersebut menjadi jalan bagi guru untuk mendata perkembangan serta capaian belajar siswa. Tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu ditingkatkan kembali oleh siswa.

Lantas, apa saja sebenarnya yang dinilai oleh guru terhadap siswanya?

Konsep Profil Pelajar Pancasila

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun