Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Mengintip 9 Gagasan Internasional tentang Sekolah Pasca Pandemi

28 Agustus 2021   23:49 Diperbarui: 29 Agustus 2021   17:06 784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sekolah Pasca Pandemi (Ilustrasi: Pixabay.com)

ICFE ingin mengingatkan bahwa hubungan antara pengetahuan dan kebenaran perlu dieksplorasi secara terbuka. Terlebih, isu literasi sains telah mendapatkan visibilitas dan urgensi yang besar di era pandemi ini.

Oleh karena itu, sistem pendidikan atau kurikulum begitu penting untuk mampu memberi hubungan antara fakta dan pengetahuan. 

Selain itu, kurikulum harus memiliki potensi yang mengarahkan siswa untuk memahami dan menempatkan diri mereka di dunia yang kompleks.

8. Melindungi Pembiayaan Pendidikan:  mengamankan agenda SDG 4 pendidikan 2030

Pada poin ke delapan, ICFE mendorong pemerintah nasional, organisasi internasional, serta semua mitra pendidikan dan pembangunan, harus menyadari bagaimana melindungi pembiayaan pendidikan masyarakat.

Krisis ekonomi yang muncul menyebabkan hilangnya pekerjaan dan menjadi jelasnya tingkat ketimpangan sosial yang tak terlihat beberapa dekade belakangan.

Hal ini akan berdampak drastis pada kemampuan anak-anak dan remaja dalam meningkatkan pendidikan mereka. Pemerintah dan warga negara sama-sama harus didorong untuk merespon masalah ini, baik dalam kesehatan masyarakat maupun dalam pendidikan publik.

Pemerintah dan organisasi internasional harus mengoordinasikan upaya untuk memastikan kesinambungan pembelajaran dan melindungi pembiayaan pendidikan domestik dan internasional.

"Governments and citizens a like should be  encouraged to demand strong responses both in public health and in public education." (Hlm, 20)

ICFE menekankan prinsip-prinsip keadilan redistributif. Sumber daya harus diarahkan kepada mereka yang paling terdampak secara ekonomi, sosial dan pendidikan. 

Menurut ICFE, itu semua dapat membantu proyek pembangunan internasional lainnya. Khususnya, dalam  mempertahankan komitmen agenda internasional tentang SDG 4 Pendidikan 2030. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun