Mohon tunggu...
Khudori Husnan
Khudori Husnan Mohon Tunggu... peminat kajian-kajian budaya populer (https://saweria.co/keranitv)

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Saatnya Berpelukan

28 Oktober 2020   22:17 Diperbarui: 29 Oktober 2020   00:04 54 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saatnya Berpelukan
sumber: pixabay

Jauh sebelum pandemi  menyerang, berpelukan menjadi perilaku yang lazim, sama halnya dengan  bersalaman.

Di film, sinetron, atau novel, untuk membangkitkan emosi  pada pembaca atau   penonton, adegan berpelukan kerap dihadirkan. 

Begitu penting berpelukan, film kartun Teletubies bahkan menjadikannya jargon, 'berpelukaaan.'

Dalam ilmu jiwa,  pelukan memiliki makna  mendalam dan dipercaya berpengaruh   besar bagi  hubungan antar manusia dan perkembangan manusia; para ahli menyebut saat terbaik berpelukan  adalah  ketika  usia balita.

Manakala balita memperlihatkan gejala yang tak wajar misalnya gelisah, menangis, dan sejenisnya, maka  menggendong, memeluk dan mengusap-usapnya akan dapat membantu menenangkannya. 

Sentuhan lewat pelukan  dapat memberikan kenyamanan  pada sekujur jiwa dan raga balita.

Namun, seiring bertambahnya usia dan kemandirian anak, anak yang menginjak remaja biasanya akan merasa risih saat menerima pelukan dari orang-orang terdekat termasuk  orang tuanya.

Momen pelukan pun perlahan tapi pasti mulai asing dan hanya terjadi di waktu-watu tertentu misalnya saat bertemu teman lama, rekan kerja, dan sejenisnya.

Padahal,  sebagai media untuk mempererat hubungan batin,   sebuah pelukan yang hangat akan selalu diperlukan  seseorang, kapanpun dan di  mana pun.

Pelukan jenis ini akan membuat  seseorang merasa tak sendirian dalam menghadapi berban persoalan yang ditanggungnya seperti tugas sekolah, pekerjaa, hingga masalah dengan pasangangan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan punya kebiasaan memeluk anak dan istrinya selama 20 detik setiap hari untuk bisa mengatasi kegalauan  dari masing-masing anggota keluarga disebabkan oleh tugas, dan pekerjaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x