Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Makanan Sehat untuk Kulit Cantik

9 Mei 2024   14:36 Diperbarui: 9 Mei 2024   14:41 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, makanan sehat untuk kulit cantik

Menjaga kesehatan kulit bukan hanya dari penggunaan produk skincare saja. Tapi juga harus merawatnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Ini dia 10 makanan sehat untuk ciptakan kulit cantik dari dalam yang bisa dikonsumsi.

Beberapa makanan sehat mengandung vitamin, serat, antioksidan, dan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk menciptakan kulit sehat dan lebih cerah. Bukan hanya merawat kulit, makanan ini juga membantu menjaga nutrisi dalam kulit.

Inilah 10 makanan sehat yang dapat menciptakan kulit cantik dari dalam:

1. Alpukat
Buah yang satu ini kaya akan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E. Mengonsumsi alpukat dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2. Buah-buahan Beri
Buah-buahan beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan ini dapat merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih kencang dan bercahaya.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Perbanyak konsumsi sayuran hijau untuk nutrisi kulit yang lebih baik.

4. Kacang Almond
Kacang almond kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan. Manfaatnya dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan menjaga kelembapan alami kulit.

5. Ikan Berlemak
Siapa sangka jika ikan berlemak juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan mempromosikan penampilan kulit yang sehat dan bersinar.

6. Tomat
Tomat juga baik dikonsumsi sebagai tambahan menu makanan atau jus. Tomat mengandung likopen, sejenis antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi risiko penuaan kulit.

7. Kacang Kedelai
Kacang kedelai seringkali diolah menjadi minuman susu kedelai. Makanan jenis kacang-kacangan ini mengandung isoflavon yang mampu menjaga elastisitas kulit dan melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun