Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Manfaat Buah Alpukat!

7 Mei 2024   17:20 Diperbarui: 7 Mei 2024   17:31 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, manfaat buah alpukat

Salah satu buah-buahan yang banyak digemari oleh semua orang adalah alpukat. Meski umumnya memiliki rasa yang hambar, buah alpukat sangat dinikmati oleh banyak orang. Selain mengenyangkan perut, buah alpukat memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Cek artikel ini untuk ketahui informasi selengkapnya.

Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diperkaya dengan kandungan nutrisi, buah-buahan yang berserat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, lho. Karena manfaatnya, buah alpukat banyak digunakan sebagai bahan makanan hingga minuman.

Berikut inilah beberapa manfaat buah alpukat yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya Akan Nutrisi
- Alpukat mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, folat, dan potasium.
- Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, otot, dan sistem kekebalan tubuh.

2. Sumber Lemak Sehat
- Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Terutama kandungan asam lemak oleat yang mampu mengurangi peradangan.
- Lemak sehat ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
- Kandungan potasium dalam alpukat membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sehingga dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.
- Selain itu, lemak sehat dalam alpukat juga dapat membantu mengurangi peradangan dan oksidasi yang berkontribusi pada penyakit kardiovaskular.

4. Menjaga Kesehatan Otak
- Alpukat mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif.
- Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5. Mengandung Serat yang Dibutuhkan Tubuh
- Alpukat mengandung serat larut yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit usus.

6. Menyokong Penyerapan Nutrisi
- Lemak sehat dalam alpukat membantu penyerapan nutrisi lemak-soluble seperti vitamin A, D, E, dan K. Ini berarti bahwa menambahkan alpukat ke dalam makanan dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
- Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam alpukat dapat membantu menjaga kulit tetap lembut, elastis, dan bebas dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan polusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun