Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Jenis Lidah Buaya yang Bagus untuk Wajah

21 September 2023   18:00 Diperbarui: 22 September 2023   16:57 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Freepik.com, jenis lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera dikenal memiliki sifat-sifat yang bermanfaat untuk kulit, termasuk kelembapan, peradangan, dan penyembuhan. Untuk perawatan dan kecantikan wajah, ada jenis lidah buaya yang bagus digunakan. 

Meskipun semua jenis lidah buaya memiliki sejumlah manfaat untuk kulit wajah, tetapi jenis lidah buaya yang paling umum digunakan untuk perawatan kulit adalah Aloe vera barbadensis miller

Jenis lidah buaya inilah yang banyak digunakan untuk ekstrak dalam produk kecantikan serta perawatan kulit. Namun ada dua jenis lidah buaya lainnya yang perlu kamu ketahui sebagai informasi tambahan agar tidak keliru.

Jenis lidah buaya yang pertama adalah Aloe albiflora. Lidah buaya yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dengan ciri khas berupa bintik-bintik putih pada daunnya. 

Lidah buaya jenis ini memiliki bunga berwarna putih yang ukurannya lebih kecil dibanding daunnya. Mekar sepanjang tahun, Aloe albiflora sebaiknya digunakan untuk tanaman hias dalam rumah saja karena jenisnya yang kecil.

Jenis lidah buaya selanjutnya ada Aloe ballyi. Berbeda dari jenis lainnya, lidah buaya yang satu ini terdaftar sebagai tanaman yang terancam punah. Memiliki tangkai tunggal dan tumbuh hingga 6 meter, Aloe ballyi memiliki daun yang cukup lebar. Duri pada daunnya berwarna kemerahan dan bunganya tumbuh secara menyamping di sela-sela daunnya. Karena bentuknya yang unik inilah membuat Aloe ballyi menjadi salah satu tanaman yang hampir punah.

Lidah buaya memang memiliki beragam khasiat yang cocok digunakan sebagai ekstrak tambahan dalam produk perawatan maupun kecantikan kulit. Untuk mengetahui alasan mengapa Aloe vera sering digunakan untuk perawatan kulit wajah, ulas informasinya di bawah ini.

Berikut beberapa alasan lidah buaya cocok digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan serta kecantikan wajah:

1. Pelembap Alami

Lidah buaya adalah pelembap alami yang membantu menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi. Kandungan yang ada dalam lidah buaya sangat cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit kering.

2. Antiinflamasi
Aloe vera atau lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit. Sehingga getah lidah buaya sangat cocok diaplikasikan pada kulit yang sensitif atau kulit yang teriritasi.

3. Pengobatan Jerawat
Lidah buaya memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki sifat yang dapat membantu mengurangi noda serta bekas jerawat yang ada pada kulit wajah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun