Mohon tunggu...
YOAN NATALIA
YOAN NATALIA Mohon Tunggu... Dokter - General Practicioner

Penulis adalah seorang Dokter Umum lahir di Malang

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Gua Maria Stasi Santo Mikael Besuki

24 Juni 2021   23:08 Diperbarui: 24 Juni 2021   23:41 224 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gua Maria Stasi Santo Mikael Besuki
Dokumen pribadi

Sebelum saya bercerita tentang Gua Maria Stasi Santo Mikael Besuki, saya akan membahas sedikit tentang Ziarah, Devosi dan Gua Maria.

Ziarah menurut Wikipedia adalah salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Kadang-kadang ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri. Orang yang melakukan perjalanan ini disebut peziarah. Sedangkan Ziarah menurut KBBI adalah kunjungan ke tempat yang dianggap keramat atau mulia.

Devosi Katolik adalah bentuk doa yang bukan menjadi bagian resmi dari liturgi umum Gereja, tetapi menjadi bagian dari praktik-praktik kerohanian yang terkenal dari umat Katolik. Devosi Katolik juga meliputi penghormatan kepada para orang suci (santo/santa). Salah satu contoh Devosi Katolik adalah berdoa Rosario.

Dalam tradisi Katolik, Gua Maria adalah tempat yang dipusatkan untuk melakukan ziarah dan devosi kepada Maria. Disebut Gua Maria karena ditempatkannya patung Bunda Maria, ibunda Yesus, di gua tersebut. Tempat itu kemudian menjadi tempat ziarah umat Katolik untuk mendekatkan diri pada Allah Bapa dengan berdoa melalui perantaraan Bunda Maria dan Yesus Kristus.

Nah, setelah membaca tentang apa itu ziarah, devosi dan gua maria , saya akan mulai bercerita tentang Gua Maria Stasi Santo Mikael Besuki. 

Gua Maria Stasi Santo Mikael Besuki berada di area Kapel Stasi Santo Mikael Besuki Kabupaten Situbondo.

Apabila anda pernah mengenal atau mendengar tentang Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo, maka Gua Maria ini ditempuh dalam waktu 34 menit atau jarak tempuh 21,7 km dari Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo menuju ke arah barat atau arah Surabaya,  atau bila dari arah PLTU Paiton anda dapat terus menuju ke timur dan dapat ditempuh dalam waktu 25 menit atau 15.6 km  dengan kendaraan roda empat.

Dari arah pantai Besuki maka Gua Maria ini terletak 1 km dari pantai Pesisir Besuki.

Karena Stasi Santo Mikael Besuki ini berada dekat dengan pantai/pesisir maka tema Gua Maria ini juga tidak akan jauh jauh dari tema pantai.

Bertema pantai, kita dapat melihat Bunda Maria di dalam gua yang dekat dengan pantai yang indah, dan tampak perahu dengan layar terkembang serta tali tambang yang khas pada perahu.

Gua Maria Stasi Santo Mikael Besuki ini dibuat oleh seniman Katolik asal Situbondo sendiri, bekerja dengan 3 pekerja perempuan yang sangat telaten.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN