Mohon tunggu...
Kosasi Kwek
Kosasi Kwek Mohon Tunggu... Profesional -

Dokter umum,\r\nlulusan FK-Universitas Tarumanagara, Jakarta, tahun 1998. Lahir di Medan, 19 November 1972.\r\nTinggal dan bekerja di\r\nRengat, Propinsi Riau, Indonesia.\r\nEmail : dr.kosasi@gmail.com Alamat surat : Jl.A.R.Hakim 19-B, Rengat 29319, Riau.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Obat Alami Terbaik

29 Desember 2014   19:34 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:14 28 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"Apa obat alami terbaik untuk penyakit saya ini ?". Pertanyaan ini sering kami terima dalam pekerjaan sehari-hari kami sebagai tenaga medis. Dewasa ini, sebagian masyarakat Indonesia semakin cenderung mencari dan memilih produk-produk atau obat-obat alami untuk pengobatan ataupun perawatan kesehatan. Kecenderungan ini merupakan kenyataan yang menggembirakan ; karena secara umum, konsumsi jangka panjang produk-produk alami tentu lebih kecil efek sampingnya.
.
Tetapi di sisi lain, gaya dan kebiasaan hidup sehari-hari kita juga telah menjadi semakin tidak alami, seiring dengan kemajuan teknologi dan semua fasilitas yang "memanjakan" manusia. Banyak di antara kita yang sudah tidak pernah berjalan kaki ataupun bersepeda. Motor, mobil, dan kendaraan umum sudah secara total menggantikan pergerakan kita. Bahkan kini sudah begitu banyak aktivitas yang bisa dilakukan tanpa harus keluar dari rumah ; memesan atau berbelanja sesuatu, mengirim uang dan sebagainya, semua bisa dilakukan dengan peralatan gadget di ujung jari tangan.
.
Semua perubahan dan kemajuan gaya hidup modern ini - kita sadari atau tidak, membuat kita semakin kurang melakukan aktivitas fisik, kurang olahraga, kurang berkeringat, dan kurang membakar kalori tubuh.
.
Kurangnya aktivitas fisik membuat kita menjadi lebih beresiko menderita bermacam-macam penyakit, seperti :

.

Aktivitas fisik dan olahraga : Mengapa harus ?

.

Jika kita perhatikan kehidupan hewan di alam liar, maka aktivitas fisik merupakan sebuah keharusan, sebuah takdir. Semut yang terkecil harus berjalan jauh dari sarangnya mencari makanan. Gajah yang terbesar harus berjalan jauh mencari sumber air dan makanan. Hewan pemakan tumbuhan (herbivora) harus berjalan jauh atau berpindah-pindah tempat untuk merumput. Hewan pemakan hewan (karnivora) harus bersusah-payah mengejar dan membunuh mangsanya. Burung dan serangga pun harus terbang jauh mencari makanannya.

.

Hukum alam ini juga berlaku untuk manusia, yang sesungguhnya juga ditakdirkan untuk bercocok tanam dan berburu hewan yang akan menjadi makanannya. Ini berarti : harus ada aktivitas fisik, harus ada keringat, dan harus ada pembakaran energi (kalori) dari dalam tubuh untuk mendapatkan makanan. Harus ada pemakaian / pembakaran energi dari dalam tubuh untuk mengimbangi energi yang telah didapatkan melalui makanan.

.

Untuk alasan inilah, olahraga adalah suatu keharusan. Bagi kita yang dalam pekerjaan sehari-hari tidak perlu mengeluarkan tenaga fisik, tidak perlu berkeringat, maka olahraga adalah sebuah keharusan. Olahraga menjadi pengganti aktivitas fisik sesuai hukum alam tadi.

.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan