Mohon tunggu...
Dowry RetnoMitayani
Dowry RetnoMitayani Mohon Tunggu... Lainnya - Humas

Saya adalah Panata Humas di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas), perguruan tinggi vokasi dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PEM Akamigas Pamerkan Luxirr Meter di Kampung Krenova 2022

9 Desember 2022   15:24 Diperbarui: 9 Desember 2022   15:26 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan penghargaan juara Harapan 1 Krenova Kab. Blora. (dok humas PEM A)

Luxirr Meter, adalah alat multifungsi pengukur lux dan irradian karya 2 mahasiswa tingkat 3 Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang PEM Akamigas ini telah berhasil meraih juara Harapan 1 di ajang Krenova Kab. Blora Tahun 2022. Dan oleh Bappeda Kab. Blora, bagi seluruh peraih juara di Krenova Kab. Blora 2022 disediakan stand pameran untuk memamerkan dan mensosialisasikan karya inovasinya selama 2 hari (7-8/12/2022) di Kampung Krenova yang diselenggarakan di alun-alun kota Blora.

2 mahasiswa kreatif ini Ristakin dan Mingus Febrian Tuasuun membuat alat yang berukuran cukup kecil ini karena melihat fenomena biaya listrik yang cukup tinggi, kemudian adanya pergerakan transisi energi menuju energi terbarukan masyarakat indonesia saat ini lagi gencar-gencarnya melakukan pemasangan panel surya yang tentunya memerlukan intensitas cahaya yang optimal supaya bisa menghasilkan daya listrik maksimal.

Alat multifungsi pengukur lux dan irradian ini selain bentuknya yang kecil dan praktis, mampu menentukan daya lampu yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan, bahkan mampu menentukan daya lampu operasi rumah sakit, serta mengatahui intensitas cahaya untuk pemasangan panel surya pada lokasi yang tepat hingga pada akhirnya akan memberikan nilai ekonomis juga.

Penghargaan atas prestasi ini diserahkan oleh Kepala Bappeda Kab. Blora, A. Mahbub Djunaidi langsung di lokasi Kampung Krenova. "Tetap semangat, tetap berkarya, tunjukkan bahwa putra daerah Blora adalah anak-anak unggulan," pesan Mahbub saat menyerahkan hadiah.

Program Kreativitas dan Inovasi (Kenova) Kab. Blora Tahun 2023, merupakan ajang apresiasi kepada masyarakat dan organisasi perangkat daerah yang telah melakukan suatu penemuan datau karya di bidang iptek untuk memacu kreativitas serta rekacita dalam bidang iptek. Program ini merupakan ,ekanisme yang menitikberatkan pada kreativitas serta penggalian potensi inovasi masyarakat dan OPD yang dapat dimanfaatkan secara langsung, segingga tercipta kegiatan sosial ekonomi dan pelayanan yang mampu menghasilkan produk, proses, dan jasa serta modal sosial yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi.

Berbagai kegiatan dilaksanakan di program Krenova ini, diantaranya adalah lomba yang melibatkan seluruh masyarakat Blora, mulai dari pendidikan, OPD, hingga umum. Hingga di penghujung rangkaian kegiatan Krenova, Bappeda Kab. Blora menyelenggarakan Festival Kampung Krenova di alun-alun kota Blora. Selama 2 hari (7-8/12/2022) alun-alun kota Blora ramai pengunjung yang menghadiri pembukaan Festival Kampung Krenova dan Kuliner Khas Blora oleh Bupati Blora Arief Rohman. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun