Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Toni Kroos Jadi Senjata Rahasia Timnas Jerman

15 Juni 2024   06:44 Diperbarui: 15 Juni 2024   06:45 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toni Kroos menjadi pemain yang tampil apik saat Jerman menang 5-1 kontra Skotlandia di Piala Eropa 2024. Foto: AFP/Miguel Medina via Kompas.com


Menjelang akhir musim di Real Madrid, pemain asal Jerman, Toni Kroos (34 tahun) memutuskan untuk gantung sepatu dari Real Madrid. Besar kemungkinan, tugas negara bersama Tim Panzer, julukan timnas Jerman di Piala Eropa 2024 menjadi tugas terakhir Kroos sebagai seorang pesepak bola profesional.

Akan tetapi, pelatih El Real Carlo Ancelotti berharap agar Kroos bisa mengubah pikirannya dan memilih untuk melanjutkan karirnya di Los Blancos, julukan Madrid. 

Pelatih asal Italia itu tahu dan sadar akan pentingnya dan pengaruhnya Kroos pada permainan Real Madrid, terlebih khusus pada musim 2023/24.

Dua trofi, La Liga Spanyol dan Liga Champions Eropa, menjadi bukti dari kontribusi Kroos menjelang masa akhirnya sebagai pemain Madrid.

Makanya, tak mengejutkan juga jika Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann memanggil kembali Kroos untuk masuk dan menjadi bagian dari skuad Jerman semenjak melatih Der Panzer pada tahun lalu.  

Sebenarnya, Kroos terlebih dahulu gantung sepatu dari Timnas Jerman. Keputusan itu dibuat beberapa waktu setelah Jerman tersingkir dengan menyakitkan di Piala Dunia 2022. 

Timnas Jerman juga sedikitnya mengalami kemunduran pada beberapa tahun terakhir. Aroma "Panzer" melemah, dan Timnas Jerman menjadi tim yang terlihat rapuh baik di Piala Eropa dan Piala Dunia.  

Pemilihan dan penentuan Nagelsmann sebagai pelatih baru memberikan sedikit perubahan pada permainan Timnas Jerman. Nagelsmann mengubah susunan skuad timnas Jerman, termasuk memanggil pulang Kroos yang sebenarnya sudah gantung sepatu dari Timnas Jerman.

Keputusan Nagelsmann itu benar. Nagelsmann sepertinya mempunyai indera keenem laiknya Ancelotti yang melihat besarnya pengaruh Kroos dalam permainan tim.

Sejak Kroos kembali bergabung, permainan Timnas Jerman ikut membaik. Bahkan, Kroos tak menunjukkan tanda-tanda sudah "berusia" dan pilihannya untuk gantung sepatu terlalu dini untuk diambil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun