Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

India Gagal Ikuti Jejak Indonesia Gegara Gol Hantu Kontra Qatar

12 Juni 2024   18:46 Diperbarui: 12 Juni 2024   19:09 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Indonesia lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Foto: Kompas. com/Adi Nursalam


Kelolosan Tim Nasional Indonesia ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi topik hangat yang diperbicangkan hari ini. 

Salah satu alasannya lantaran kelolosan itu menjadi bagian dari sejarah pertama untuk sepak bola Indonesia.

Di balik kisah sukses itu terbersit juga harapan agar skuad "Garuda" bisa tampil meyakinkan di babak ketiga. Memang, di satu sisi, lawan-lawan Timnas Indonesia terbilang kuat. Namun, di sisi lain, setiap hasil selalu ditentukan di atas lapangan hijau.

Ya, lagi-lagi Timnas sepak bola Indonesia menciptakan sejarah baru. Hal itu ikut digarisbawahi oleh beberapa media luar negeri.

Salah satu media asal Filipina, Inquirer.com (12/6/24) menulis bahwa kemenangan Indonesia kontra Filipina mendekatkan mimpi Indonesia untuk bermain di Piala Dunia. 

Padahal, jalan Indonesia bisa dikatakan masih panjang dan terjal karena persaingan di antara 18 timnas yang lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di balik keberhasilan Timnas Indonesia, ada beberapa tim yang harus gigit jari. Negara-negara tetangga di Asia Tenggara tak satu pun yang mengikuti jejak Indonesia. Timnas Indonesia seperti "memanggul" beban lantaran seperti perwakilan dari Asia Tenggara untuk bisa sukses sampai ke Piala Dunia.

Tak pelak, ketidaklolosan kadang menghadirkan rasa sakit hati. Salah satu negara yang berasa terlalu sakit hati adalah Timnas India.

Timnas India menderita kekalahan dari Timnas Qatar dalam laga terakhir grup A.  Kekalahan itu rada menyakitkan lantaran dibumbui oleh gol hantu.

Pertandingan yang berlangsung di stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar itu menjadi salah satu kunci penting untuk keloloasan timnas India. Skenarionya adalah jika Timnas India meraih kemenangan kontra Qatar, Timnas India bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2024.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun