Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kelebihan Brasil Kala Bermain Tanpa Neymar Jr

29 November 2022   08:13 Diperbarui: 29 November 2022   10:23 1320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Para pemain Brasil merayakan gol Casemiro ke gawang Swiss.| Foto: AFP/Fabrice Coffrini via Kompas.com

Timnas Brasil menjadi salah satu tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar. Kemenangan Tim Samba 1-0 atas Swiss di 974 stadion Selasa (29/11/22) sudah cukup membawa Brasil lolos ke putaran selanjutnya.

Brasil bermain tanpa pemain bintangnya Neymar Jr yang mengalami cedera ankel saat bermain kontra Serbia di laga perdana Piala Dunia 2022. 

Kendati demikian, Brasil memiliki segudang pemain depan yang bisa mengisi lubang yang ditinggalkan Neymar. 

Saat bermain kontra Swiss pelatih Brasil Adenor Leonardo Bacchi atau Tite memanfaatkan trio Rapinha, Richarlison, dan Vinicius Jr dalam skema permainan 4-3-3. 

Menempatkan tiga penyerang bertujuan untuk menjadikan pola serangan Brasil tak berpaku pada satu pemain semata. Kecepatan Rapinha dan Vinicius yang menyisir sisi pertahanan lawan kerap merepotkan lini belakang Swiss. 

Hasilnya cukup meyakinkan. Brasil menguasai jalannya pertandingan dengan 54 persen penguasaan bola

Lalu, Brasil juga mencatatkan 3 tembakan tepat sasar ke gawang, dan Swiss tak sekalipun mencatatkan tembakan tepat sasar gawang yang dikawal oleh Alisson. 

Catatan yang paling positif tatkala Brasil kembali menjaga gawangnya dari kebobolan. Untuk kedua kalinya, Brasil menjaga keperawanan gawangnya. Makanya, lini belakang Brasil patut diacungi jempol.

Brasil pun menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di piala dunia 2022. Perancis dan Portugal yang juga sudah lolos ke babak selanjutnya juga sudah kemasukan 2 gol. Hal ini menjadi kelebihan Brasil yang kerap kali dipandang dari sisi penyerangnya semata.

Lini belakang memainkan sangat penting. Bagaimana pun, kehebatan lini depan tanpa ditopangi oleh lini belakang yang kuat bisa menjadi persoalan terbesar tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun