Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Di Balik Kekalahan Iran dan Senegal

22 November 2022   08:10 Diperbarui: 22 November 2022   18:14 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inggris vs Iran.| Foto: AFP/Giuseppe Gacace via Kompas.com

Kekalahan timnas Iran dari Inggris (2-6) (21/11/22) dan Senegal dari Belanda (0-2) (22/11/22) menunjukkan dominasi tim-tim kuat di Piala Dunia 2022. Dua tim asal benua Eropa memberikan pesan tentang kesiapan mereka di Piala Dunia.

Untuk itu, tak ada kejutan, di mana tim-tim benua Asia atau pun Afrika menumbangkan tim-tim Eropa. Karenanya, tim-tim asal benua Afrika dan Asia masih perlu berupaya menyaingi kekuatan sepak bola negara-negara benua Eropa.

Tentu saja, pandangan ini masih partial. Dalam arti, tak semua tim- tim asal Afrika dan Asia tunduk begitu saja saat bertemu tim dari Eropa atau pun Amerika Latin.

Sebenarnya harapan masih ada, ketika melihat perkembangan sepak bola Jepang dan Korea Selatan. Atau pun, timnas Ghana yang mempunyai beberapa pemain yang berkiprah di liga-liga Eropa.

Kemenangan besar Inggris atas Iran memperjelas status favorit Inggris. Tim yang diasuh oleh Gareth Southgate ini langsung tancap gas dan menunjukkan kualitas beberapa pemain muda seperi B. Saka dan J. Bellingham.

Southgate pun seolah membungkam para pengeritik dengan keputusannya mengikutsertakan beberapa pemain seperti Harry Maguire, yang nota bene tampil tak meyakinkan bersama klub yang mereka bela.

Memang, di atas kertas Inggris sudah jelas diunggulkan atas Iran. Walau demikian, dengan sekelumit masalah persiapan timnas Inggris sebelum piala dunia tak sedikit yang meragukan finalis piala Eropa 2020 ini tampil meyakinkan.

Ketika Inggris membuktikan kedigdayaannya di Qatar dalam kualifikasi di grup B, timnas Belanda pun berhasil membungkam juara piala Afrika, Senegal. Juru taktik Van Gaal berhasil memberikan titik positif bagi performa Belanda pada piala dunia kali ini.

Kendati Senegal tak diperkuat oleh salah satu bintang terbaiknya Sadio Mane karena cedera, Senegal sendiri mempunyai beberapa pemain yang berkiprah di klub-klub Eropa. Terang saja, Belanda harus menunggu menit-menit akhir menciptakan gol ke gawang Senegal.

Artinya, Senegal cukup solid meladeni Belanda. Hanya saja, kesolidan itu tak bertahan hingga akhir laga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun