Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Arti Kemenangan Arsenal dalam Derbi Kontra Tottenham Hotspur

1 Oktober 2022   20:42 Diperbarui: 1 Oktober 2022   20:54 184 20 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Para suporter Arsenal merayakan gol ke gawang Tottenham Hotspur. Foto: AFP?Adrian Dennis via Kompas.com

Menjamu Tottenham Hotspur di stadion Emirates Sabtu Malam (1/10/22) WIB, Mikel Arteta menurunkan tim terbaik. Bahkan para pemain yang sebelumnya diprediksi tak dimainkan karena isu cedera ikut dimainkan oleh Arteta. 

Thomas Partey yang menjadi pencetak gol pertama Arsenal (menit 20) sempat diragukan turun karena cedera yang dideritanya sewaktu terlibat bersama timnas Ghana. Begitu pula bek kiri Olesandr Zinchenko yang sudah menderita cedera sebelum laga internasional. 

Melihat formasi Arsenal dalam laga kontra tottenham, Manajer Mikel Arteta tak mau kehilangan momentum untuk tetap berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris. Derbi sesama kota London, tepatnya London bagian Utara ini, harus dihadapi dengan menurunkan tim terbaik. 

Selain itu, tak ada pilihan lain untuk Arsenal selain memenangkan laga kontra Tottenham Hotspur agar tempat di puncak tak tergoyangkan, dan juga menjauhi kejaran Tottenham yang nota bene hanya terpaut 2 poin dengan Arsenal sewaktu melawat ke stadion Emirates.

Mencermati statistik laga derbi sekota London ini, Arsenal tampaknya mempersiapkan timnya dengan sungguh-sungguh. Taktik Arteta berjalan manjur. Tim "Meriam Merah" bermain kompak dalam meladeni pasukan Antonio Conte.

Tercatat sepanjang laga Arsenal memiliki 21 tembakan dengan 9 yang tepat sasar. Bandingkan dengan Tottenham yang hanya memiliki 7 tempatkan dengan 3 yang tepat sasar. Lalu, Arsenal juga menguasai laga dengan persentasi 63 persen.  

Ya, sejak menit awal Arsenal tampil mendominasi di depan pendukungnya sendiri. Dominasi tampak tergoncangkan ketika Tottenham mendapat hadiah penalti (menit 31). Harry Kane menjadi eksekutor dan sekaligus menyamai kedudukan 1-1. Sebagai catatan, gol Kane itu pun menjadi yang ke-14 dan melampaui capaian mantan legenda Arsenal, Thiery Henry dalam jumlah gol di derbi sekota London.

Di babak kedua, Arsenal terus menjaga dominasi permainan tim. Alhasil, Arsenal berhasil mendapatkan gol tambahan kejelian dan kualitas naluri gol Gabriel Jesus (menit 49) saat terjadi kemelut di bawah mistar gawang Tottenham. 

Gol Jesus yang tak dipanggil timnas Brasil di laga internasional berhasil membangkitkan semangat Arsenal dan menyulitkan lini belakang Tottenham. Kesulitan itu makin membuat pemain Tottenham frustasi. 

Akibatnya, bek Tottenham Emerson tak berhati-hati hingga melakukan pelanggaran kepada rekan senegaranya G. Martinelli. Akibat pelanggaran itu, Emerson langsung diganjar kartu merah oleh wasit Anthony Taylor. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan