Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Alasannya Vietnam Begitu "Ngotot" Raih Emas di SEA Games 2021

18 Mei 2022   17:44 Diperbarui: 18 Mei 2022   17:53 212 23 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Timnas U-23 Vietnam menjadi calon kuat peraih medali emas di SEA GAMES 2021. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra via Kompas.com

Sebagai tuan rumah SEA GAMES 2021, tuan rumah Vietnam sementara unggul dalam perolehan mendali sementara. Terlihat tempat pertama sudah otomatis menjadi kepunyaan tuan rumah. 

Para pesaing terdekat seperti Thailand dan Filipina sangat sulit mendekati capaian medali Vietnam. Sejauh ini Vietnam berhasil mengamankan 109 medali emas, 66 medali perak, dan 70 medali perunggu (18/5/22). Cepat atau lambat, raihan ini bisa bertambah.

Di balik capaian ini, biasanya ada cabang olahraga yang kerap menarik perhatian pecinta olahraga. Indonesia begitu tertarik untuk melihat kiprah para atlet dari cabang badminton, sepak bola, dan bahkan bola voli. 

Negara Filipina lebih tertarik untuk melihat kiprah para atlet mereka di cabang bola basket. Cabang bola basket adalah cabang olahraga yang sangat digandrungi masyarakat Filipina pada umumnya. 

Ketika negara Filipina memenangi sebuah laga atau pun meraih medali emas, terasa kepuasan tersendiri. Bahkan posisi di daftar peraih medali tak begitu dipedulikan. 

Tuan rumah Vietnam pasti tak hanya tertarik untuk menjadi peraih medali terbanyak. Lebih dari itu, pasti ada cabang olahraga yang sangat ditargetkan untuk menjadi kepunyaan tuan rumah. 

Cabang sepak bola menjadi salah satu cabang yang pasti diharapkan bisa masuk daftar emas untuk Vietnam. Memang, hal itu tak mustahil untuk tercapai. 

Performa timnas Vietnam di cabang sepak bola satu dekada terakhir menunjukkan perkembangan sepak bola Vietnam yang luar biasa. Vietnam tak hanya menjadi kekuatan sepak bola di Asia Tenggara. Lebih dari itu, Vietnam mulai bersaing di sepak bola Asia. 

Minat masyarakat pada sepak bola dan perkembangan  sepak bola Vietnam ini ditopangi oleh sistem pembinaan yang begitu teratur. Sama seperti Indonesia, Vietnam termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang sangat menggandrungi sepak bola. 

Stadion kerap dipenuhi oleh para suporter. Lalu, eksodus para pemain asing juga tak bisa dihindari. Bahkan Vietnam juga melapangkan sistem naturalisasi pemain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan