Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Ballon d' Or Ketujuh untuk Lionel Messi, yang Diragukan dan yang Terbukti

30 November 2021   07:16 Diperbarui: 1 Desember 2021   08:24 1800 34 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lionel Messi meraih trofi Ballon d'Or yang ketujuh dalam karirnya sebagai pesepak bola. Foto: AFP/Franck Fife via Kompas. com

Sehari sebelum Lionel Messi meraih trofi individual, Ballon d'Or di Paris, Messi mencatatkan 3 assist untuk kemenangan timnya, PSG kontra St-Etienne di Liga Perancis. 3 assist ini mengamini kualitas individu Lionel Messi.

Messi tak sekadar dikenal sebagai pencetak gol, namun juga sebagai pemberi umpan terbaik. Umpan-umpan akuratnya kerap kali mengelabui, merepotkan, dan mengagetkan barisan belakang lawan.

Messi seolah memiliki indra ke-6 dalam melihat posisi rekan setimnya. Ketika pemain lawan tak sigap dan jeli, tak disangka umpannya sudah mengenai pemain yang berdiri bebas dan tanpa pengawalan ketat.

Ballon d'Or yang diperuntukkan kepada Messi hari ini (30/11) merupakan tanda pengakuan kepada pemain timnas Argentina. Pengakuan itu bukan semata-mata pada kontribusinya untuk tim yang dibela, tetapi juga untuk kualitas individualnya.

Sangat sulit mencari pemain yang bisa mendekati level individual seperti yang ditunjukkan oleh Messi. Karenanya, akan sangat sulit bagi seorang pemain untuk mendapatkan 7 trofi Ballon d'Or, apalagi melampui pencapaian dari pemain yang berjuluk La Pulga ini.

Raihan Messi tak luput dari keraguan. Tak sedikit pihak yang menyangsikan raihan Messi di level Ballon d'Or. Keraguan ini muncul ketika menimbang kontribusi Messi di musim lalu di mantan klubnya Barcelona.

Barcelona hanya meraih trofi Copa del Rey. Sementara itu, Barca gagal di perempat final Liga Champions dan Piala La Liga Spanyol. Makanya, beberapa pihak menilai bahwa raihan Copa del Rey belumlah cukup membuat Messi menjadi yang terbaik seturut penghargaan Ballon D'or.

Yang menjadi kelebihan serentak berkah bagi Messi ketika dia berhasil mengantarkan negaranya Argentina meraih trofi Copa America tahun ini. 

Dalam turnamen ini, Messi tampil mendominasi. Messi menyapu bersih piagam di level individual. 

Tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dan pembuat assist terbanyak. Tak ayal, Messi pun dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen Copa America.

Kendati demikian, ada yang tetap meragukan peluang dan hadiah trofi Ballon d'Or untuknya. Keraguan itu muncul ketika mempertimbangkan raihan yang diperoleh oleh beberapa pemain lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan