Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Hal-hal yang Membuat ART Bisa Nyaman dan Betah Bekerja

20 November 2021   19:21 Diperbarui: 20 November 2021   19:22 174 22 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Asisten Rumah Tangga (ART). Foto: Shutterstock/Vgstockstudio via Kompas.com

Asisten Rumah Tangga (ART) menjadi bagian penting dari sistem rumah tangga. Apalagi kalau suami/ayah dan istri/ibu mempunyai kesibukan masing-masing hingga sulit mengatur soal anak-anak dan urusan rumah.

Tak gampang mencari ART yang betul-betul berdedikasi. Dedikasi di sini melingkupi sikap untuk bekerja dengan sepenuh hati, jujur, tak gengsi, dan mau berkorban untuk melayani.

Umumnya, orang bekerja karena upah yang diperoleh daripada menilai aspek pelayanan dari pekerjaan tersebut.

Namun, tak sedikit ART yang mempunyai dedikasi yang tinggi. Dedikasi itu tercipta sebenarnya bukan saja dari sisi keperibadian ART-nya sendiri, tetapi juga dari perlakuan dan penerimaan dari majikan atau tuan rumah yang mempekerjakannya.

Dalam arti, majikan juga perlu membangun sikap yang memperlakukan ART bukan semata-mata pekerja di rumah, tetapi bagian dari kehidupan di rumah. Dia tak diperlakukan sebagai orang luar, tetapi sebisa mungkin diperlakukan sebagai orang dalam.

Aunty Lisa (Tanta Lisa), demikian orang-orang memanggilnya di desa tetangga. Minggu lalu, saya berkunjung ke rumahnya karena salah satu cucuknya merayakan hari ulang tahun yang ke-4.

Ketika menikmati makanan bersama tetangga dan pemilik rumah, dua orang anak remaja datang bersama Aunty Lisa. Kelihatannya Aunty Lisa menjemput kedua remaja itu di tempat parkir.

Dari tampilan, kelihatannya kedua remaja berasal dari golongan orang kelas atas. Benar saja. Salah satu teman saya memberitahukan kalau kedua anak remaja itu adalah cucu dari salah satu pemilik rumah sakit di provinsi ini.

Saya bertanya hubungan antara Aunty Lisa dengan keluarga itu. Suaminya yang menjawab jika Aunty adalah ART di keluarga itu sudah hampir 20 tahun.

Saya begitu terkejut. Ternyata, Aunty Lisa bekerja sebagai ART.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan