Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pemecatan Ronald Koeman, Antara Solusi Tepat dan Tantangan Baru bagi Barcelona

28 Oktober 2021   06:05 Diperbarui: 28 Oktober 2021   09:49 702 19 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ronald Koeman dipecat sebagai pelatih Barca. Foto: Lluis Gene via Kompas.com

 

Kabar pemecatan Ronald Koeman menjadi salah satu topik pagi ini (28/10/21). Kabar pemecatan ini menguat setelah Barcelona kalah dari Rayo Vallecano (0-1).

Jurnalis bola, Fabrizio Romano menulis di dinding media sosialnya bahwa Ronald Koeman telah dipecat oleh manajemen Barcelona setelah kalah dari Rayo Vallecano (28/10/21). Kabar dari Romano ini seperti mengamini seruan suporter Barca dan juga situasi performa Barca sejauh ini.

Melansir berita dari Kompas.com (28/10/21), kabar pemecatan ini disampaikan secara resmi oleh presiden klub, Joan Laporta di situs resmi Barcelona. Dalam tulisannya, Laporta berterima kasih kepada dedikasi dan kerja Koeman selama menjabat sebagai pelatih Barca. 

Pada tempat pertama, manajemen Barca terlihat begitu sabar dalam mempertahankan Koeman di kursi pelatih. Salah satu alasan di balik sikap klub adalah kesediaan Koeman untuk melatih Barca di tengah situasi klub yang belum stabil akibat persoalan keuangan klub.

Tak gampang melatih Barca yang berhadapan dengan situasi keuangan yang belum stabil. Situasi keuangan ini sempat membatasi asal Belanda ini mendatangkan pemain yang diinginkannya masuk ke skuad Barca.

Bahkan situasi keuangan ini menyebabkan pemain seperti Lionel Messi tak bisa menandatangani kontrak baru dan A. Griezmann harus dipinjamkan. Selain itu, beberapa pemain harus rela melakukan pemotongan gaji guna membantu kondisi keuangan klub.

Alasan lainnya di balik kesabaran klub kepada Koeman adalah kemauan dan keberanian Koeman dalam mempercayakan para pemain muda. Beberapa pemain muda berhasil diorbitkan ke tim utama di bawah era Koeman. Pada musim ini, Gavi menjadi pemain muda baru yang diorbitkan ke Barca.

Kemauan dan keberanian ini menjadi catatan positif bagi klub dan menyebabkan klub berlaku sabar mempertahankan Koeman. Malahan sewaktu Barca tumbang di tangan rival abadi, Real Madrid di Camp Nou pada pekan lalu, manajemen Barca terlihat tetap mempertahankan Koeman.

Namun, kesabaran klub ada batasnya. Puncaknya, saat Barca tumbang di tangan Rayo Vellecano. Kekalahan kedua dalam waktu 3 hari. Di atas kertas, seharusnya Barca unggul atas Rayo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan