Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Nomor 10 untuk Ansu Fati, Antara Beban, Kepercayaan, dan Masa Depan Barcelona

2 September 2021   19:20 Diperbarui: 2 September 2021   19:23 398 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ansu Fati, Pemain Barca mengenakan nomor 10 yang dikenakan Lionel Messi sebelumnya. Foto: AFP/Lluis Gene via Kompas.com

Polemik siapa yang mengenakan nomor 10  di Barcelona berakhir. Nomor yang identik dengan Lionel Messi selama lebih satu dekade ini ikut menjadi perbincangan suporter fans. Siapa kira-kira pemain yang pantas mengenakannya?

Tak sedikit pihak yang menilai jika nomor 10 itu digantung secara permanen. Tak boleh lagi dipakai sebagai cara untuk menghormati Messi sebagai legenda Barca.

Namun, pikiran ini tak sejalan dengan pihak klub. Rupanya, Barca sebagai sebuah klub lebih besar daripada seorang Messi.

Nomor 10 yang pernah dikenakan oleh Ronaldinho sebelum dipegang oleh Messi ini diberikan kepada Ansu Fati. Tentu saja, Barca bukan sekadar memberikan nomor itu kepada seorang pemain muda. Pastinya ada alasan.

Pemberian nomor 10 ini kepada Fati ini melekat dengan kepercayaan tim kepada pemain muda ini. Musim lalu, Fati mengawali kompetesi dengan penampilan yang sangat meyakinkan. Namun, cedera berkepanjangan menghampiri lulusan akademi La Massia ini.

Praktisnya, selama musim kompetesi 2020/21, Fati tak bisa membuktikan diri karena persoalan cedera. Kendati cedera, Barca tidak menutup pintu bagi Fati. Malahan, Fati menjadi salah satu pemain yang dinantikan oleh Barca.

Penantian ini kian menguat selepas kepergian Lionel Messi dari Barca. Fati dipandang sebagai salah satu calon pengganti dari Messi.

Hal itu bisa diamini oleh keputusan Barca memberikan nomor punggung 10 kepada Fati. Sebelumnya, nomor punggung 10 selalu melekat kepada para pemain bintang.

Hal yang sama bisa saja dibuat oleh Barca untuk Fati. Fati bukan saja pemain yang datang dari akademi untuk belajar, tetapi dia sudah diperlakukan oleh bintang.

Selain itu, pemberian nomor 10 ini memperjelas status Fati sebagai masa depan Barca. Sebagaimana perlakuan Barca kepada Messi sejak naik tim senior, demikian pula hal yang sementara dilakukan Barca kepada Fati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan