Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Awal Liga Inggris, Thomas Tuchel yang Optimis dan Jurgen Klopp yang Cemas

14 Agustus 2021   07:26 Diperbarui: 14 Agustus 2021   07:32 146 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Awal Liga Inggris, Thomas Tuchel yang Optimis dan Jurgen Klopp yang Cemas
Thomas Tuchel, pelatih Chelsa. Sumber foto: AFP/Susana Vera via Kompas.com

 

Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel hampir mempunyai latar belakang kepelatihan yang persis sama. Sama-sama berasal dari Jerman. Keduanya sempat melatih Borrussia Dortmund. Nama mereka terangkat di Dortmund.  

Dari Dortmund, kedua pelatih melanglangbuana keluar negeri. Klopp pergi ke Inggris karena ditarik oleh Liverpool sebagai pelatih, dan Tuchel dikontrak oleh klub Liga Prancis, PSG, namun kemudian dipecat.

Setelah dipecat, Chelsea yang sementara timpang di bawah komando Frank Lampard mengontrak Tuchel menjadi pelatih sementara. Nasib baik menghampiri Tuchel. Berkat performa apik Chelsea sejak dilatih Tuchel, pihak klub memperpanjang kontraknya.  

Latar belakang seorang pelatih kerap menjadi salah hal yang menguatkan identitasnya dalam melatih. Boleh dibilang, pengalaman masa lalu menjadi fondasi bagi seorang pelatih untuk membangun dirinya.

Tak ayal, semangat Klopp dan Tuchel membahasakan mentalitas Tim Panzer, Jerman yang tak putus asa dan tak gampang tunduk pada keadaan.

Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel sejauh ini mempunyai cerita sukses yang berbeda. Klopp menjadi pelatih yang mematahkan puasa gelar Liverpool di Liga Inggris. Tak hanya itu, Klopp juga mampu mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Liverpool.

Karir Tuchel lebih gemilang. Belum genap setahun melatih Chelsea, Klopp sudah memperembahkan dua titel istimewa. Liga Champions musim lalu dan Piala Super Eropa.

Mencermati karir dua pelatih ini, tak berlebihan jika peta persaingan di Liga Inggris akan memanas. Tuchel menjadi wajah baru yang akan menggangu dominasi Manchester City dan Liverpool.

Bahkan Tuchel bisa menjadi batu sandungan bagi Ole Gunnar Solksjaer yang nampaknya sudah mempunyai skuad mumpuni untuk musim 2021/22.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan