Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Alasannya Brasil Kontra Spanyol Jadi Final Ideal Cabang Sepak Bola Olimpiade 2020

3 Agustus 2021   09:25 Diperbarui: 3 Agustus 2021   10:19 1810 20 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasannya Brasil Kontra Spanyol Jadi Final Ideal Cabang Sepak Bola Olimpiade 2020
Spanyol akan bertemu Jepang di semifinal sepak bola pada olimpiade 2020. Sumber foto: AFP/Ayaka Naito via Kompas.com

Sepak bola kurang mendapat perhatian di ajang olimpiade. Barangkali karena tiap negara mempunyai jagoan tersendiri dari cabang olahraga tertentu.

Misalnya, kita Indonesia. Cabang olahraga bulu tangkis menjadi perhatian kita. Tak ayal, ketika pasangan ganda puteri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas, sontak kita bersatu dan merayakan pencapaian ini.

Begitu pula, saat atlet angkat besi wanita asal Filipina Hidilyn Diaz meraih medali emas. Rakyat Filipina ikut merayakan pencapaian itu dengan sukacita besar.

Pendeknya, di olimpade tiap negara yang berpartisipasi mempunyai jagoan masing-masing. Jadinya, tak ada cabang olahraga yang menonjol. Bahkan sepak bola yang menjadi olahraga yang paling dominan mendapat sejajar dengan olahraga lainnya.

Cabang sepak bola di Olimpiade 2020 memasuki babak semifinal. Pada babak semifinal ini, tuan rumah Jepang akan menantang pasukan muda, Spanyol. Sementara itu, peraih emas olimpiade 4 tahun lalu, Brasil akan bertemu dengan tim sebenua, Meksiko.

Menilik 4 tim ini, saya sendiri sangat berharap dan berprediksi terjadinya final antara Brasil kontra Spanyol. Bukannya mengesampingkan kekuatan Meksiko ataupun Jepang. Akan tetapi, Brasil dan Spanyol mempunyai tradisi sepak bola yang cukup kuat dan daya tarik tersendiri kalau keduanya bertemu di partai final.

Memang, tak menutup kemungkinan Jepang atau Meksiko yang tembus final. Sementara Brasil dan Spanyol bertemu untuk meraih medali perunggu. Toh, sudah sejarah mencatat bahwa tim yang meraih medali emas di olimpiade tidak serta merta negara yang mempunyai kekuatan sepak bola di dunia.  

Faktor tuan rumah bisa memompa Jepang untuk meladeni kekuatan Spanyol. Kalau Spanyol tidak waspada, sayatan samurai Jepang bisa melukai hati tim Matador.

Sementara itu, Meksiko pasti tolak tunduk dengan Brasil. Gaya permainan ala benua Amerika bisa membuat laga ini sangat sulit untuk diprediksi.

Namun, saya adalah salah satu yang melihat jika final antara Brasil dan Spanyol terlihat ideal. Kedua negara mempunyai tradisi sepak bola yang kuat. Juga komposisi skuad yang dimiliki oleh kedua negara ini cukup diperhitungkan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x