Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah Rahasia Penampilan Impresif Italia di Euro 2020 Menurut Nicolo Barella

21 Juni 2021   08:16 Diperbarui: 21 Juni 2021   08:22 257 20 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Rahasia Penampilan Impresif Italia di Euro 2020 Menurut Nicolo Barella
Italia merayakan keberhasilan mereka melaju ke babak 16 besar Piala Eropa. Sumber foto: Getty Images via Goal.com

Sangat mengejutkan! Demikian komentar teman saya ketika menilai penampilan timnas Italia di Euro 2020. Italia tak terlalu diharapkan berbicara banyak di Euro 2020, namun dari 3 laga terakhir, Italia menjadi tim yang tampil sangat meyakinkan. 

Mencetak 7 gol dan tanpa kebobolan. Prestasi yang sangat luar biasa. 

Memang, Italia termasuk timnas yang mempunyai tradisi kuat di sepak bola Internasional. Namun, situasi agak buram dan berubah di tahun 2017. Italia gagal masuk Piala Dunia 2018.

Kegagalan ini merupakan pukulan serius. Bagi suporter Italia, sangat sulit untuk tidak melihat tim mereka bermain di Piala Dunia. 

Kegagalan ini pun berujung pada pemecatan pelatih, Giampiero Ventura. Semenjak pemecatan Ventura, Italia menentukan Roberto Mancini.  Mancini mengenal Italia. Ini menjadi faktor yang membuat Mancini tak kesulitan beradaptasi dengan kultur sepak bola Italia.   

Mancini perlahan membangun Italia . Kendati tidak mempunyai pemain yang begitu mencolok di daratan Eropa, Mancini tak patah arang. 

Hebatnya, Mancini mampu mencium talenta-talenta baru di Italia. Duo Sassuolo, Berardi dan Locatelli yang menjadi menjadi buah bibir dari penampilan gemilang bersama timnas Italia pada Euro Italia 2020 adalah bukti kehebatan Mancini. 

Kehebatan Mancini meramu timnas yang terdiri dari para pemain lintas generasi adalah salah satu rahasia di balik kesuksesan Italia di Euro 2020. 

Mengutip the Guardian.com (29/6/21), salah satu gelandang Italia, Nicolo Barella mengungkapkan rahasia atas kegemilangan Italia di Euro sejauh ini. Menurutnya, Italia tidak mempunyai rahasia apa-apa di balik penampilan impresif mereka. 

Namun, dia menilai bahwa Italia mempunyai semangat yang tinggi di dalam dan di luar lapangan. Di luar lapangan, mereka mempunyai relasi yang cukup baik. Pendeknya, Barella menilai bahwa Italia tampil kompak sebagai sebuah tim. 

Apa yang disampaikan oleh Barella bukanlah hal baru. Namun, hal ini kadang terlupakan oleh banyak tim untuk meraih kesuksesan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN