Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kalvin Phillips, Buah Keberanian Gareth Southgate yang Tak Peduli Nama Tenar

14 Juni 2021   15:49 Diperbarui: 14 Juni 2021   16:06 611 21 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalvin Phillips, Buah Keberanian Gareth Southgate yang Tak Peduli Nama Tenar
Kalvin Phillips merayakan gol yang dicetak oleh R. Sterling ke gawang Kroasia. Kalvin tercatat sebagai pemberi assist atas gol yang tercipta laga tersebut (13/6/21). Sumber foto: Goal.com

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Eropa (13/6/21). Gol tunggal yang dicetak oleh Raheem Sterling ke gawang Kroasia sudah cukup untuk mengamankan 3 poin penting.

Dalam laga ini, Southgate terbilang berani dalam hal menyeleksi pemain. Salah satunya, ketika pemain tengah, Henderson dibekap cedera. 

Southgate tidak menoleh ke nama besar yang terpilih masuk skuad timnas Inggris di Piala Eropa 2020. Dia memilih Kalvin Phillips untuk menemani M. Mount dan Declan Rice di lini tengah. 

Pilihan yang berani dan sekaligus tepat. Pasalnya, Phillips dipandang sebagai salah satu pemain Inggris yang tampil apik sepanjang laga kontra Kroasia. 

Bahkan gol tunggal Inggris ke gawang Krosia terlahir berkat umpang terobos Phillips. Phillips melihat kelengahan barisan belakang Kroasia yang bermain rapat di babak pertama. Melihat kelengahan lini belakang Kroasia, Phillips memberikan umpan terobos terukur yang disambar dengan tepat oleh Sterling. 

Menyebut nama Phillips, barangkali tak banyak orang yang tahu. Memang, Inggris mempunyai banyak talenta. Yang paling terkini adalah dua anak muda yang juga diturunkan oleh Southgate dalam laga kontra Kroasia. Mason Mount dan Philip Foden.

Belum lagi, Jadon Sancho dan Rashford. Keduanya terbilang sebagai talenta hebat yang dibawah Southgate pada Piala Eropa.   

Banyak orang yang tahu pemain berdasar pada klub yang dibela. Ketika membela klub besar seperti Manchester United dan Chelsea, nama pemain tersebut gampang dikenal.

Saya sendiri baru menyaksikan performa Phillips dalam laga antara Inggris kontra Kroasia. Tak heran, saya pun menilai bahwa Southgate berani untuk keluar dari kebiasaan umum. Nama tenar yang bermain di klub besar tidak menjadi jaminan untuk berada di tim inti. 

Keberadaan Phillips di timnas Inggris adalah buah dari keberaniaan Southgate. Selain itu merupakan pilihan yang berani, juga pilihan itu terbilang mengejutkan. 

Pasalnya, Southgate mau meminggirkan beberapa nama yang sudah tenar di mata suporter dan memilih Phillips yang bermain bersama Leeds United. Pastinya, untuk suporter Leeds United, nama dan kemampuan Phillips pastinya tak asing lagi.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN