Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ketika Timnas Spanyol Mengabaikan Real Madrid di Piala Eropa 2020

24 Mei 2021   20:47 Diperbarui: 24 Mei 2021   21:25 164 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Timnas Spanyol Mengabaikan Real Madrid di Piala Eropa 2020
Sergio Ramos, Kapten Real Madrid dan timnas Spanyol, tidak diikutsertakan dalam skuad timnas Spanyol untuk Piala Eropa 2020. Dengan ini, tak satu pun pemain Real Madrid asal Spanyol yang membela tim Matador pada Piala Eropa mendatang. Sumber foto: Getty Images via Goal.com

Keberhasilan Atletico Madrid meraih trofi La Liga Spanyol pekan ini menjadi salah satu sisi menarik dari tanah Spanyol. Atletico menjadi kekuatan baru yang mematahkan dominasi dua klub besar, Real Madrid dan Barcelona.

Tak dipungkiri jika popularitas Real Madrid dan Barcelona berada di atas Atletico. Bukan saja dari lapangan hijau, itu juga menyangkut aspek bisnis, popularitas, hingga kontribusi kedua tim ini untuk tim nasional.

Dalam arti, bermain bagi Real Madrid dan Barcelona kerap kali menjadi jaminan untuk berada di timnas. Tak ayal, Real Madrid dan Barcelona menjadi salah satu tim penyumbang pemain di timnas, termasuk timnas Spanyol.

Akan tetapi, seolah bersamaan dengan kesuksesan Atletico di ranah Spanyol pada musim ini, peran Real Madrid dan Barcelona di timnas Spanyol mulai tergerus.

Tim Matador mulai melirik para pemain yang berasal dari pelbagai klub di Spanyol dan Eropa pada umumnya. Prinsip dasarnya adalah siapa yang bermain baik, dia akan mendapat tempat di timnas Spanyol.

Prinsip dasar ini pun berlaku dengan susunan skuad Spanyol untuk Piala Eropa 2020. Secara mengejutkan Luis Enrique tidak mengikutsertakan satu pun pemain yang membela klub ibukota Spanyol, Real Madrid.

Barangkali keputusan yang tidak terlalu mengejutkan apabila menimbang sumbangsig para pemain Spanyol untuk Real Madrid pada musim ini. Tak ada yang mencolok dan cenderung kalah kualitas dengan para pemain asing dari luar Spanyol.

Harapannya sebenarnya bisa pada Sergio Ramos, yang menjabat kapten Real Madrid sekaligus kapten timnas. Bek tengah Real Madrid ini masih bisa berkontribusi besar untuk timnas Spanyol.

Akan tetapi, faktor cedera menghantui Ramos pada beberapa bulan terakhir. Faktor cedera ini mempengaruhi menit bermain Ramos selama musim ini. Begitu pula dari sisi kesiapan fisiknya.

Barangkali pihak timnas tidak mau terjebak pada nama besar seorang Sergio Ramos. Makanya, pihak timnas lebih melirik sosok bek yang lebih siap secara fisik dan mental untuk bermain bersama timnas di Piala Eropa 2020.

Tanpa kehadiran para pemain Real Madrid di timnas Spanyol bisa menjadi bahan introspeksi untuk klub itu sendiri. Bagaimana pun, peran pemain yang berasal dari Spanyol perlu ditingkatkan pada level klub. Nama klub ikut terbawa kalau para pemain memberikan sumbangsih terbaik untuk timnas.

Beruntung bagi Barca. Pasalnya, Luis Enrique masih memanggil Jordi Alba dan Sergio Busquets. Kedua pemain ini sudah terbilang senior. Makanya, cepat atau lambat mereka akan pensiun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN