Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jurgen Klopp yang Tolak Tunduk pada Cedera Pemain "Digoda" Timnas Jerman

23 November 2020   09:33 Diperbarui: 23 November 2020   09:41 213 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurgen Klopp yang Tolak Tunduk pada Cedera Pemain "Digoda" Timnas Jerman
Jurgen Klopp, Pelatih Liverpool yang berhadapan dengan wacana untuk melatih tim nasional Jerman. Sumber foto: Getty Images via Goal.com

Kemenangan Liverpool atas Leicester City (3-0) (23/11) seolah memberi pesan bahwa Liverpool masih dalam kondisi terbaik. Tidak ada yang timpang. Cedera yang dialami oleh beberapa pilar penting tim bukanlah persoalan rumit yang harus dikeluhkan di publik. 

Jurgen Klopp berhasil meyakinkan fans Liverpool jika timnya masih bisa memberikan yang terbaik. Dengan ini rasa cemas dan kuatir pada keadaan tim luluh karena kemenangan meyakingkan kontra Leicester City.

Klopp memang salah satu aktor penting dari kunci kesuksesan Liverpool di empat musim terakhir. Keangkeran Anfield dikembalikan lagi. Mentalitas menang Liverpool dibangkitkan lagi. 

Walau banyak pemain penting yang absen karena cedera dan sakit, Klopp tetap mencari cara untuk menjaga konsistensi tim. Alhasil, Liverpool tetap berada di barisan terdepan sebagai peraih trofi Liga Inggris pada musim ini 2020/21.

Dalam laga kontra Leicester, Klopp berhasil memanfaatkan pemain yang tersedia dengan baik. Jota kembali menunjukkan tajinya dengan kembali mencetak gol. Gol yang tercipta ini menjadikan Jota sebagai pemain pertama Liverpool yang menciptakan gol di 4 laga kandang di Anfield. 

Selain itu, pemain muda berusia 19 tahun, Curtis Jones berhasil menjadi punggawa penting di lapangan tengah. Penampilan impresifnya itu bisa mempermanenkan tempatnya di skuad Liverpool. Curtis adalah masa depan Liverpool. 

Tak ketinggalan pemain veteran, James Milner (35 tahun). Dia berhasil menjadi bek di sisi kanan dan yang kemudian digeser sebagai pemain tengah. Milner tak mau tunduk pada usia. Dia tetap memberikan yang terbaik. 

Penampilan para pemain Liverpool kontra Leicester ini menunjukkan jika Liverpool masih menjadi jagoan yang mesti ditakuti oleh tim-tim lain, terlebih Chelsea dan Tottenham yang sudah berada di tiga besar klasemen sementara Liga Inggris. 

Jose Mourinho yang sudah menemukan konsistensi bersama Tottenham dan Frank Lampard yang perlahan membangun kekuatan barunya perlu berpikir ribuan kali tentang kondisi Liverpool. Mereka harus berjuang ekstra untuk "mencuri" trofi Liga Inggris dari tangan Jurgen Klopp dan anak-anak asuhnya pada musim ini. 

Peran Klopp bersama Liverpool memang sangat fenomenal. Dia berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu manajer tersukses di Liverpool dan di Liga Inggris. Kesuksesan itu ditandai dengan mengantarkan Liverpool meraih trofi Liga Inggris setelah sudah lebih dari dua dekada puasa gelar.

Kendati demikian, Liverpool juga harus waspada pada minat dari pihak-pihak lain. Untuk saat ini, Liverpool perlu menjaga Klopp sebagaimana menjaga mutiara yang paling berharga untuk Klopp. 

Paling tidak, Klopp dikunci untuk sekian tahun agar konsistensi Liverpool tetap dipertahankan. Tentang hal ini mereka bisa belajar dari Manchester United yang menjaga Sir Alex Ferguson selama lebih dari 20 tahun di Manchester United. Karena ini, Manchester United berhasil meraih banyak gelar bersama Ferguson. 

Kewaspadaan Liverpool beralasan. Selain klub-klub besar mengincar servis dari mantan pelatih Dortmund ini, tersiar kabar juga dari tanah kelahirannya, Jerman. Melansir berita dari Mirror.co.uk (17/11), Jurgen Klopp dinilai sebagai salah satu satu sosok yang pantas menggantikan Joachim Low sebagai pelatih Jerman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN