Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Perlunya Suami dan Istri Saling Mengetahui Password Media Sosial Mereka

19 Januari 2020   20:11 Diperbarui: 20 Januari 2020   16:23 584 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perlunya Suami dan Istri Saling Mengetahui Password Media Sosial Mereka
sumber ilustrasi: ekonomi.kompas.com

Password (kata sandi) dibuat untuk menjaga privasi, melindungi data dari pengaruh tertentu dan mengunci rahasia tertentu dari mata orang lain. Password pun dibuat untuk pelbagai jenis platform. Salah satunya untuk platform media sosial.

Aneka platform media sosial memberikan keistimewaan kepada penggunannya. Meski media sosial berdampak umum, tetapi pengguna medsos mempunyai keistimewaan untuk mengunci halamannya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan pasword menjamin pengguna medsos untuk tidak gampang diekspos ke ruang publik. Pengguna juga bisa menyimpan data tertentu tanpa gampang dilihat dan diambil oleh pihak tertentu.  

Dengan keberadaan password, secara umum media sosial menjadi aman, rahasia terkunci dari mata orang lain dan orang tidak gampang mengontrol media sosial kita. 

Hal ini terjadi karena kita saja yang mengetahui password media sosial tersebut dan kita saja yang berhak untuk mengontrol dan memanfaatkan media sosial kita itu.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau satu password dipakai oleh beberapa orang untuk salah satu platform media sosial tertentu.

Misalnya, password untuk halaman facebook demi kepentingan bisnis, institusi dan kelompok tertentu. Dua sampai tiga orang yang menjadi organizers dan pengelola dari halaman media sosial tersebut tahu passwordnya. 

Makanya, mereka yang mengetahui password yang sama itu bisa menggunakan media sosial sesuai dengan intensi kelompok tersebut.

Selain itu, password yang satu dan sama juga bisa dipakai dalam sebuah relasi antara suami-istri. Dengan kata lain, suami mengetahui dengan baik password media sosial dari istrinya, begitu pun sebaliknya. Karenanya, salah satu bisa dengan gampang masuk, melihat dan mengecek halaman media sosial dari pasangannya.  

Saat hal itu terjadi, hemat saya, ada keterbukaan dalam relasi itu sendiri. 

Suami tidak menyembunyikan sesuatu di halaman media sosialnya. Begitu pun seorang istri terbuka untuk menunjukkan apa yang menjadi isi dari phone dan media sosial. Toh, keduanya menikah karena ada kepercayaan antara satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN