Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Natal, Bukan Hanya Momen untuk Belanja, tetapi Momen Belajar Kesederhanaan

11 Desember 2019   12:34 Diperbarui: 24 Desember 2019   09:56 1521 5 0 Mohon Tunggu...
Natal, Bukan Hanya Momen untuk Belanja, tetapi Momen Belajar Kesederhanaan
Sumber foto Inquirer.net

Untuk beberapa tempat yang bermayoritaskan Kristen, hiasan atau dekorasi natal menjadi pemandangan yang lumrah untuk saat ini. 

Secara inisiatif individu maupun kelompok, orang berusaha menempatkan dekorasi yang berkaitan dengan situasi natal baik itu di rumah, di tempat umum dan di Gereja. Jadinya, dekorasi-dekorasi menjadikan situasi natal kian terasa.

Apalagi kalau di saat malam. Dekorasi kian menjadi menarik karena tata lampunya. Yah, umumnya dekorasi natal menjadi menarik saat malam hari karena pengaruh efek lampu.  

Tidak sedikit juga orang yang mulai kreatif menciptakan dekorasi untuk natal. Mereka menggunakan materi yang bisa didaur ulang. 

Bungkusan makanan, botol plastik yang sudah terpakai dan barang-barang bekas lainnya dimanfaatkan sebagai bagian dari dekorasi. Kesannya pun dekorasi itu hemat biaya dan pro lingkungan hidup.

Pada konteks keluarga dan pribadi, setiap orang mempunyai cara dan pendekatan merayakan natal. Barangkali saja ada keluarga yang mulai berpikir ke mana dan bagaimana merayakan natal tahun ini.

Yang mempunyai kemampuan finansial, pilihan merayakan natal di tempat lain adalah salah satu alternatif. Tetapi pada umumnya, orang lebih memilih untuk merayakan natal bersama di rumah keluarga. Perayaan natal di rumah keluarga selalu memberikan kesan mendalam.

Sementara itu secara pribadi, orang-orang mungkin berpikir apa yang bisa dibeli saat merayakan natal. Umumnya, secara individual orang berpikir tentang pakaian apa yang tepat dipakai pada waktu natal. 

Tidak heran, di waktu natal begitu banyak orang yang membeli baju baru karena perayaan natal.

Dari pelbagai macam persiapan dan pendangan untuk merayakan natal, seharusnya kita kembali pada momen-momen bermakna tentang natal itu sendiri. Salah satu momen penting dari perayaan natal adalah momen kesederhanaan.

Tidak jarang terjadi kalau menjelang natal, begitu banyak orang yang mesti menghabiskan banyak uang untuk berbelanja atau keperluan untuk perayaan natal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN