Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kebangkitan Timnas Belanda dan Jalan Mulus ke Piala Eropa 2020

13 Oktober 2019   16:33 Diperbarui: 14 Oktober 2019   10:16 0 7 4 Mohon Tunggu...
Kebangkitan Timnas Belanda dan Jalan Mulus ke Piala Eropa 2020
Belanda kini berada di tangan generasi pemain| Sumber: Twitter UEFA Euro 2020 @UEFAEURO

Kebangkitan Timnas Belanda
Orange, demikian julukan yang melekat pada tim nasional sepak bola Belanda. Dijuluki sebagai tim Orange bukan karena warna benderanya, tetapi karena sejarah di balik perjuangan orang-orang Belanda di masa lalu.

Adalah William the Orange, keluarga bangsawan, yang dipandang sebagai seorang pejuang yang melawan orang-orang Spanyol Habsburgs. Perjuangan ini mengantarkan Belanda pada kemerdekaan di tahun 1581. 

Jadi, warna Orange yang identik dengan timnas Belanda ini merujuk pada semangat perjuangan dari William the Orange di masa lalu (amsterdam hangout, 22/3/19).

Semangat perjuangan yang melekat pada warna Orange itu bisa juga membahasakan perjuangan timnas sepak bola Belanda sekarang ini. 

Timnas ini sedang berjuang untuk bangkit dan kembali ke jalur sebagai salah satu tim yang disegani di Eropa. Bagaimana tidak, Belanda gagal tembus di babak utama di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Belanda merupakan salah satu lumbung pemain sepak bola berbakat. Tidak hanya itu, Belanda juga mempunyai sejumlah legenda yang berpengaruh di dunia sepak bola.

Salah satunya adalah Johan Cruffy. Johan Cruffy tidak hanya dikenal sebagai seorang yang merevolusi sepak bola di Belanda dengan gaya "total football", tetapi dia juga dianggap perintis gaya permainan "tiki-taka" Barcelona, Spanyol. 

Karenanya, dia tidak hanya dihormati di negaranya sendiri, tetapi dia juga menjadi referensi gaya permainan klub Barcelona.

Seperti yang dilansir dalam BBC (3/6/19), spirit yang menjiwai permainan Belanda adalah juga prinsip yang diberikan Johan Cruffy. Johan Cruffy mengatakan "Bermain sepak bola itu sangat sederhana, tetapi permainan sepak bola yang sederhana adalah sesuatu yang paling sulit ada."

Prinsip ini pun menjadi bagian yang melatari kehidupan di tempat latihan timnas Belanda yang dilengkapi dengan banyak fasilitas. Prinsip ini pastinya pula menjiwai para punggawa tim Orange untuk tampil bagus di setiap pertandingan.

Setelah beberapa nama beken seperti Sneijder, Arjen Robben dan Van Persie memutuskan gantung sepatu tahun ini, beberapa anak muda mulai menuliskan nama mereka bersama timnas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x