Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Real Madrid vs Atletico Madrid, Duel Tim Beda Identitas

7 April 2017   12:17 Diperbarui: 7 April 2017   12:44 0 1 2 Mohon Tunggu...

Pekan ini, kompetesi La Liga Spanyol akan diwarnai oleh duel maut  dari dua tim asal ibukota, Real Madrid Vs. Atlectico Madrid (8/4). Derbi sekota ini tentu akan memacu adrenalin bukan hanya bagi warga satu kota, tetapi bagi para penggemar sepak bola pada umumnya. Rivalitas kedua raksasa asal ibukota Spanyol ini juga tidak hanya dipengaruhi oleh faktor teritori, tetapi juga dilatari oleh sejarah.

Menurut pandangan fans di kota Madrid, identitas Real Madrid kerap berhubungan sebagai klub kaum elit dan kelas atas, sementara Atletico adalah klub kelas menengah dan bawah di kota Madrid. Para fans juga menilai kalau rivalitas antara Real Madrid dan Atletico Madrid bermula di tahun 1903. Waktu itu, tim Atletic de Bilbao memenangkan kejuaraan Piala Spanyol dengan mengalahkan Madrid. Menyaksikan kesuksesan Atletico de Bilbao, beberapa pelajar dari sekolah pertambangan di Madrid menyeruhkan untuk mempunyai tim yang serupa dengan Atletic de Bilbao. Sebulan setelah itu, terbentuklah Atletico Madrid. Namun Atletico Madrid baru resmi menjadi klub di ranah Spanyon tahun 1923.

Rivalitas kedua tim sekota ini juga penuh dibumbui dengan cerita mistis. Jika Real Madrid memenangkan petandingan, para fans akan pergi ke air pancur para dewa (Cibeles), sementara para fans Atletico Madrid akan merayakannya di air pancur dewa laut (Neptuno). Para dewa ini kerap menjadi bagian dari festival di kota Madrid. Namun keduanya mempunyai nuansa yang berbeda bagi penggemar sepak bola di kota Madrid. Pertanyaannya, dimanakah perayaan kemenangan akan terjadi pekan ini?

Laga ini cukup beresiko bagi El Real. Untuk sementara mereka masih berada di puncak klasamen dengan hanya unggul 2 poin dari rival abadi, Barcelona. Meski El Real masih mempunyai satu pertandingan di tangan melawan Celta Vigo, tetapi setelah dua pekan Real Madrid masih akan menjamu Barcelona di rumah mereka. Kekalahan dari Atletico Madrid bisa menggoncangkan posisi mereka. Dan pertemuan melawan Barcelona nantinya bisa menjadi ujian paling berat. Tetapi kalau mereka menang, El Real terus menjaga momentum dan bisa bermain aman melawan Barca di kandang mereka.

Sementara Atletico, pertandingan ini bukan untuk mengejar juara. Secara matematis, mereka sudah berada di luar jalur untuk bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona. Meski berada di posisi 3 klasamen, Atletico sudah tertinggal 8 poin dari posisi 2 dan 10 poin dari Real Madrid, posisi pertama.  Bagi Atletico, ini adalah duel mempertaruhkan gensi dan identitas mereka sebagai tim sekota. Tentunya, sebagai tim sekota Atletico Madrid tidak mau berada di bawah bayang-bayang El Real. Apalagi pada pertemuan mereka musim ini, El Real membabat mereka dengan 3 gol tanpa balas lewat kaki Ronaldo di Vincente Calderon.

Menurut statistik, kedua tim hampir berada pada konsistensi yang sama di lima laga terakhir. Dalam lima pertandingan terakhir, Real Madrid berhasil memenangkan semuanya. Sementara Atletico, dari lima pertandingan terakhir mereka hanya sekali seri dan 4 kali menang. Berdasar pada statistik ini, duel di Santiago Bernabeu cukup menarik untuk disimak.

Selain itu, dari sisi pertahanan, Atletico Madrid mempunyai pencapaian yang cukup significan. Dari enem pertandingan terakhir, Atletico hanya kemasukan 1 gol. Sementara Real Madrid sedikit mengalami ketimpangan. Salah satu bek andalan mereka Raphael Verane masih absen. Ketimpangan ini juga ditandai oleh jumlah gol yang masuk ke gawang Real Madrid di enem pertandingan terakhir yakni kemasukan 9 gol.

Real Madrid juga mengalami beberapa kelemahan bisa mempengaruhi mereka pada derbi ini. Mereka dihadapkan dengan cedera dan kebugaran beberapa pemain penting seperti Verane, Ronaldo dan Gareth Bale. Lalu, musim ini keganasan trio BBC merosot sehingga Zidane harus putar otak untuk mencari formula yang terbaik menghancurkan tembok Atletico Madrid. Kabar baiknya adalah ketajaman dan keefektifan Morata. Striker berusia 21 tahun ini bisa dimainkan di menit-menit awal. Apalagi pertandingan tengah pekan lalu melawan Leganes, Morata berhasil menyarangkan hattrick.

Di kubu Atletico Madrid semua personil hampir siap tempur. Konsistensi mereka menjadi salah satu tanda kalau mereka sudah berbenah. Dengan mengandalkan para bintang seperti Antoine Griezmann, Diego Godin, Koke, dan Carrasco Atletico Madrid siap bertamu ke markas besar El Real.

Laga Real Madrid vs. Atletico Madrid pekan ini akan penuh gengsi. Ini bukan saja laga mencari angka, tetapi laga dua tim yang berasal dari dua identitas yang berbeda. Di air pancur manakah ada perayaan selepas laga Real Madrid versus Atletico Madrid? Selamat menyaksikan. ***

KONTEN MENARIK LAINNYA
x