Dona🍀
Dona🍀 Mohon Tunggu... Insinyur - a lifetime student ^^

a woman, book lover, traveller (wannabe). Trying to live like a lily, which can grow and bloom even in a plain. :)

Sebuah Catatan Perjalanan ke Malaysia dan Singapore (part 1)

29 Juli 2014   23:17 Diperbarui: 18 April 2017   14:17 814

Well, ini adalah liburan lebaran dan saya harus menikmati libur panjangku hanya di rumah saja. Libur yang sangat panjang selama 10 hari dan diisi hanya belajar memasak, membaca buku, nonton, nge-blog, browse pengetahuan baru, belajar kanji, dan sesekali review kerjaan kantor. :). Untuk liburan kali ini, saya harus "mengerem" keinginan untuk travelling di saat hari libur kantor. Mengerem karena faktor harga tiket pesawat yang selangit di masa lebaran (kapan ya ada tiket promo di saat libur lebaran gini? #mimpi).

Untuk mengisi waktu luang ini, saya mencoba untuk share pengalaman saya travelling murah (bakcpacker) ke Malaysia dan Singapore beberapa waktu lalu, yakni di tanggal 30 April 2014 - 4 May 2014. Untuk mengadakan perjalanan ini saya tidak membutuhkan perencanaan yang lama. Ide untuk travelling muncul 2 minggu sebelum keberangkata. Ide yang muncul di suatu sore hari di saat saya jenuh dengan pekerjaan saya. Iseng saya buka sebuah situs online ticket booking, traveloka.com.

Setelah mengamati harga tiket yang lumayan murah, saya langsung booking tiket saat itu juga. Rute yang saya ambil adalah Jakarta - Singapore - Jakarta dengan total tiket 900 ribuan pulang pergi. Tanggal 30 april 2014 pukul 21.00 WIB berangkat dengan Tiger Airways ke Singapore dan kembali tanggal 4 Mei 2014 pukul 10.00 WIB menggunakan maskapai yang sama. Awal rencana itenary perjalanan adalah :

1. Jakarta - Singapore : 30 April 2014 by Tiger Airways

2. Singapore - Malaysia : 30 April midnight - 1 May morning by bus

3. Traveling around KL : 1 - 2 May 2014 (dari pagi sampai malam)

4. KL - Melaka : 2 May 2014 by bus

5. Melaka - Singapore : 2 May midnight by bus

6.  Keliling Singapore : 3 - 4 May 2014

7. Back to Jakarta : 4 May 2014 (jam 10 pagi)

Draft Itenary sudah disusun, kemudian saya mencari penginapan murah di Malaysia dan Singapore melalui situs Agoda.com. oh ya, untuk lebih mematangkan perjalanan ini, sebelumnya saya sudah mencari informasi melalui group backpacker dunia di facebook. Informasi di group ini sangat membantu sekali dan akurat. Mulai dari sharing pengalaman, sharing rute, sharing penginapan dan masih banyak lagi. Membaca pengalaman member Backpacker Dunia membuat saya semakin percaya diri untuk melakukan perjalanan ini. Kembali ke masalah penginapan, saya booking penginapan di Malaysia di area Bukit Bintang, KL - Malaysia dengan tarif 300 ribu permalam, dan di area Bugis Singapore dengan tarif 500 ribu permalam. Penginapan yang saya pilih adalah yang paling dekat dengan stasiun monorail dan MRT. :).