Mohon tunggu...
Doran Gadget
Doran Gadget Mohon Tunggu... Sales - Distributor Gadget

Doran Gadget adalah distributor wearable gadget di Indonesia. Kami juga berbagi informasi tentang teknologi dan gadget terbaru || https://dorangadget.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Minum Kopi Setelah Olahraga, Aman atau Tidak?

4 Desember 2021   17:23 Diperbarui: 4 Desember 2021   17:26 106 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Minum Kopi Setelah Olahraga | Pexels.com

Halo, Kompasianer! Adakah di antara kalian yang suka minum kopi dan hobi berolahraga? Melalui artikel ini, Doran Gadget akan mengulas mengenai efek yang ditimbulkan saat minum kopi setelah olahraga. Aman atau tidak dan apa saja dampaknya bagi tubuh? 

5 Efek Minum Kopi Setelah Olahraga

Mengonsumsi kafein memang memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Namun, takaran dan jumlah asupan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Karena jika terlalu berlebihan mengonsumsi kafein juga kurang baik untuk kesehatan

Selain itu, menjaga kesehatan seringkali dilakukan dengan berolahraga dan sebagian orang mengonsumsi kopi setelah aktivitas berat tersebut. Lantas, apa yang terjadi apabila kita minum kopi setelah olahraga? Menurut JETE Indonesia, berikut efek dan manfaat yang ditimbulkan kafein bagi tubuh: 

1. Atasi rasa lelah akibat aktivitas berat

Pexels.com
Pexels.com

Journal of Applied Physiology menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi mendorong seseorang untuk segera pulih dari kelelahan. Sebab, olahraga merupakan aktivitas berat yang dapat menyebabkan tenaga terkuras dengan cepat. 

Itulah yang menjadi alasan mengapa seseorang minum kopi setelah olahraga. Tenaga yang sudah hilang diharapkan pulih kembali setelah menerima asupan kafein.

2. Mengandung Glikogen Lebih Tinggi

Glikogen dalam tubuh berguna untuk mengatur hal-hal yang erat kaitannya dengan glukosa (gula dalam darah). Studi menemukan bahwa atlet olahraga yang mengonsumsi kafein memiliki kandungan glikogen 66% lebih tinggi dibandingkan yang hanya mengonsumsi karbohidrat saja. 

Selain itu, apabila seseorang kekurangan glikogen maka berdampak pada kognisi dan fungsi otak. Sebab, otak mengandalkan sumber energi dari glukosa.

3. Mengembalikan Energi yang Hilang

Pexels.com
Pexels.com

Seperti yang dibahas sebelumnya, olahraga merupakan aktivitas yang mudah sekali menguras tenaga. Untuk mengembalikan tenaga, sebagian orang minum kopi setelah olahraga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan