Mohon tunggu...
DONY PURNOMO
DONY PURNOMO Mohon Tunggu... Pengajar dan Penulis

Aktivitas sehari-hari sebagai pengajar, Sebagai pemilik Bisnis SPIRIT KAOS dan suka menuliskan buah fikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Cara Mengecek Website Down atau Tidak

4 Mei 2019   09:25 Diperbarui: 4 Mei 2019   09:34 2042 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengecek Website Down atau Tidak
Doc. Pribadi

Pernahkah Anda mengakses website kemudian tidak mau loading? Jika pernah mengalami hal itu berarti website yang Anda buka sedang mengalami Down. 

Menjengkelkan memang saat mengakses website tertentu justru tidak mau loading bahkan ditunggu hingga beberapa saat pun hasilnya tetap sama tidak mau loading. Lebih menjengkelkan lagi jika saat mengisi data atau upload data tertentu harus gagal ditengah jalan dan harus mengulang dari awal.

Beberapa hal yang menyebabkan sebuah website menjadi down saat diakses diantaranya karena trafik kunjungan yang padat, DNS bermasalah, IP akses terblokir, data center down, serangan hacker, pemadaman listrik mendadak, bencana alam, aplikasi yang digunakan bajakan dan kelemahan sistem SPOF (baca: idcloudhost.com)

Untuk mengantisipasi adanya kendala dalam mengakses website alangkah baiknya jika website yang akan dikunjungi dicek terlebih dahulu apakah website yang dituju dalam kondisi up atau kondisi down. 

Jika dalam kondisi Up bisa dilanjutkan untuk mengkases website tetapi jika dalam kondisi down dapat menunggu hingga website dalam kondisi Up untuk menyamanan dalam berselancar di website yang dituju. Beberapa tool online yang dapat digunakan untuk mengecek website dalam kondisi Up atau Down diantaranya:

1. Cek dengan downforeveryoneorjustme.com

Caranya masuk ke alamat https://downforeveryoneorjustme.com/  kemudian masukkan alamat website yang akan di cek. Kemudian klik or just me berwarna biru. Beberapa saat kemudian website berproses mengecek website yang dimasukkan alamatnya. Kemudian akan muncul keterangan website adalam kondisi up atai down.

2. Cek dengan host-tracker.com

Caranya masukkan URL https://www.host-tracker.com/ pada browser Anda. Kemudian pilih menu check site selanjutnya masukkan URL website yang akan dicek pada kolom yang tersedia dan klik check. Tunggu beberapa saat untuk pengecekan oleh tool. 

Setelah selesai akan muncul berbgai informasi, jika website lebih menunjukkan informasi OK berarti website dalam kondisi Up. Tetapi jika banyak yang menunjukkan fail berarrti website dalam kondisi down. Dalam informasi yang disediakan juga menampilkan grafik speed website yang dicek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x