DONY PURNOMO
DONY PURNOMO Guru dan penulis

Aktivitas sehari-hari sebagai pengajar, Sebagai pemilik Bisnis SPIRIT KAOS dan suka menuliskan buah fikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Menjadi Guru Mandiri Ekonomi

1 Maret 2019   16:53 Diperbarui: 1 Maret 2019   17:18 95 3 0
Menjadi Guru Mandiri Ekonomi
Foto: Ilustrasi guru (sumber: www.pressherald.com)

Menjadi guru yang belum PNS dan belum sertifikasi bisa dibilang hidup dalam keprihatinan. Maka tak heran jika banyak guru non PNS yang demo meminta penggajian yang layak. Saat ini derajat tertinggi guru honorer adalah pegawai pemerintah yang gajinya sudah disetarakan dengan UMK daerah masing masing. Jika masih honorer sekolah masih bergaji minim bahkan lebih rendah dari buruh pabrik. Ini kenyataan bukan hanya sekedar isu yang digemborkan menjelang tahun politik.

Berbicara mengenai gaji sebenarnya bukanlah hal yang bijak karena sejatinya guru adalah pengabdian namun rasanya tak pas jika hidup tidak memikirkan sumber kehidupan untuk menafkahi keluarga. Sebagai guru yang berpenghasilan kecil sebenarnya bukanlah masalah, jika mau berusaha lebih giat lagi untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan. Tuhan telah berjanji membagikan rezeki pada setiap makhluk yang hidup di bumi ini tak terkecuali manusia.

Untuk menjadi guru mandiri secara ekonomi yang tidak bergantung dengan gaji sebenarnya bukanlah hal yang susah jika ada kemauan dan kesungguhan. Ada beberapa cara dapat dilakukan guru disela-sela mengajarnya di sekolah agar mandiri secara ekonomi diantaranya;

Miliki keahlian ganda

Sebagai seorang guru keahlian utamanya adalah mengajar. Tetapi sebenarnya bisa mempelajari kemampuan lain sesuai dengan hal yang diminati. Misalnya desain, mengolah makanan, mereparasi barang elektronik, membuat kerajinan atau keahlian lain yang dimiliki selain mengajar. Sehingga di sela-sela mengajar dapat melakukan kegiatan itu untuk menambah penghasilan.

Berwirausaha

Kini banyak sekali lahan berwirausaha yang bisa dijalankan. Jika memang tidak memiliki kemampuan maka dapat bekerjasama dengan pihak lain yang dapat dipercaya dan memiliki kemampuan dalam bidang wirasaha yang diminati.  Kini banyak sekali fasilitas bisnis online yang dapat dijadikan sebagai sumber penghidupan.

Perbanyak jaringan pertemanan

Salah satu cara untuk berkembang adalah memiliki jaringan yang luas. Dengan jaringan itu dapat digunakan sebagai wahana untuk belajar dan pasar dalam berwirausaha. Ketika memiliki banyak teman maka akan dapat menambah pengalaman yang selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Miliki berbagai sumber penghasilan

Darimana bisa mendapatkan berbagai sumber penghasilan? tentunya dengan melakukan berbagai usaha yang dapat menambah penghasilan. Misalnya menjadi seorang pengisi acara sesuai dengan keahliannya, menjadi konsultan pendidikan atau bisa juga menjadi konsultan dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Mau berkarya

Salah satu sumber yang dapat digali sebagi seorang guru adalah berkarya melalui tulisan. Kini royalti seorang penulis juga cukup lumayan untuk menambah penghasilan. Jika bingung ingin menulis apa?, yang paling mudah adalah menulis materi-materi pembelajaran sesuai dengan kemampuannya.

Kuasai strategi marketing

Strategi marketing sangat penting untuk "menjual diri" sehingga orang akan melirik untuk bekerjasama. Sehebat apapun ilmu yang dimiliki jika tidak memiliki kemampuan marketing yang jitu maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Misalnya memiliki sosial media, gunakan sosial media itu untuk mempromosikan keahlian dan produk yang dimiliki.

Mengabdi adalah panggilan hati, tetapi kemandirian secara ekonomi juga tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Guru harus mampu mengabdi tetapi juga harus mandiri secara ekonomi. Semangat mengabdi dan mari menjadi guru mandiri.