Mohon tunggu...
Donny rumagit
Donny rumagit Mohon Tunggu... Saya saat ini beraktivitas sebagai petani

Lahir di langowan

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Pilkada di Era Pandemi, Pestanya Dinasti Politik

31 Juli 2020   10:14 Diperbarui: 31 Juli 2020   10:18 22 1 0 Mohon Tunggu...

Om Tani Pe Cerita (09)

Pilkada Saat Pandemi//

Pesta Para Dinasti Politik//

Selamat pagi, Om Tani pe sahabat-sahabat semua. Apa kabar hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat.  Khusus buat para sahabat Muslim  Om Tani mengucapkan selamat merayakan Idul Adha, hari raya penyembelihan yang memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim. Salam Sehat for torang samua yang masih dianugerahkan hari yang baru, nafas kehidupan serta anugerah kesehatan ditengah wabah corona yang terus mengancam.

Kamis (30/7) kemarin, selama hampir 3 jam Om Tani mengikuti diskusi yang digagas oleh Kornas Komite Pemilih (TEPI) Indonesia Om Jeirry Sumampouw dengan tema Pilkada serentak 2020 : Pesta dinasti Politik via Zoom Meeting online, aplikasi yang di populerkan oleh Eric Yuan.

Keluarga Presiden, Wapres, Menteri, Kepala Daerah Maju Pilkada

Isu dinasti politik kembali ramai dibicarakan dan menjadi topik diskusi yang hangat dibahas pasca PDIP mengusung putra Sulung orang nomor satu Indonesia Gibran Rakabuming sebagai calon Walikota Solo pada Pilkada serentak 2020.

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun Om Tani dari berbagai sumber, bukan hanya Raka yang akan bertarung di Pilkada 2020, tapi sederet nama keluarga Presiden, Wapres, para Menteri sampai Kepala Daerah dipastikan akan bertarung pada Pilkada ditengah pandemi yang pemungutan suaranya pada tanggal 9 Desember 2020 nanti. Sebut saja, Bobby Nasution menantunya Presiden Jokowi kandidat Walikota Medan, Siti Nur Azizah anak dari Wapres Maruf Amin kandidat Walikota Tangerang Selatan bakal bertarung dengan Rahayu Djojohadikusumo Ponakan dari Mentan Prabowo Subianto, Hanindhito Pramana, putra Sekkab Pramono Anung di Kediri, Titik Masudah adik Mennaker Ida Fausiah di Mojokerto, Iman Yason Limpo, adik dari Menteri Pertanian Syahrul Limpo maju di Pilkada Makassar. Bukan hanya level keluarga pejabat dilingkaran istana Negara yang ingin merebut kursi empuk kepala daerah tapi keluarga penguasa daerahpun tak mau ketinggalan dengan mencalonkan Anak, Istri, adik dan keluarga.

Bagaimana Sulawesi Utara??

Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh Om Tani dari tujuh Kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 plus Pemilihan Gubernur Sulut, ada sekitar 71,4 persen keluarga Kepala daerah bakal bertarung untuk merebut kursi nomor satu, yaitu Paula Runtuwene Istri dari Walikota Manado Veky Lumentut telah mengantongi tiket dari Nasdem untuk bertarung pada Pilwako berpasangan dengan Harley Mangindaan, Sintia Rumumpe anak dari Bupati Vonny Panambunan akan bertarung di Pilbup Minahasa Utara, Mika Paruntu, adik dari Bupati Tetty Paruntu di Minsel, Jillie Eman anak dari Walikota Jimmi Eman di Kota Tomohon dan Fuad Landjar anak dari Bupati Sehan Landjar di Bolaang Mongondow Timur. Lima daerah ini, incumbentnya sudah tidak bisa mencalonkan lagi karena sudah dua periode berkuasa dan sisanya masih ada dua daerah yaitu Kota Bitung Walikota yang menjabat saat ini  Max Lomban akan berhadapan dengan Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Bolaaang Mongondow Selatan Bupati Iskandar Kamaru bakal bertarung lagi.

Lebih ramai lagi, Perebutan kursi nomor satu Sulut, para kepala Daerah bakal bertarung, yaitu Olly Dondokambey yang berpasangan dengan Steven Kandouw yang sedang berkuasa saat ini, Vonny Panambunan Bupati yang sedang berkuasa di Minahasa Utara yang masih menyimpan pasangannya dan Tetty Paruntu penguasa Minahasa Selatan berpasangan dengan Sehan landjar yang sedang berkuasa di Boltim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN