Mohon tunggu...
Donna Maura
Donna Maura Mohon Tunggu... S1 PWK Universitas Jember

191910501076

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Gunung Beruk Wisata Populer Ponorogo

29 Oktober 2019   23:57 Diperbarui: 29 Oktober 2019   23:58 40 6 11 Mohon Tunggu...

Ponorogo. Merupakan nama sebuah Kabupaten yang terletak di Jawa Timur tepatnya diapit oleh dua Kabupaten Madiun dan Kabupaten Pacitan. Ponorogo merupakan Kabupaten yang kecil tetapi memiliki beragam kebudayaan serta wisatanya. Berbagai wisata dan kebudayaan yang ada di Ponorogo membuat Ponorogo bisa dikenal di mancanegara. Wisata yang ada di Ponorogo antara lain Telaga Ngebel, Waduk Bendo, Gunung Beruk, Goa Maria, dan lain sebagainya. Kabupaten Ponorogo juga terkenal dengan berbagai macam kesenian. Contohnya seperti Reog Ponorogo. Reog Ponorogo merupakan cirri khas utama bagi Kabupaten Ponorogo. Reog Ponorogo sudah terkenal di seluruh mancanegara. Hal itu sangat menguntungkan bagi Kabupaten Ponorogo. Pasalnya hal tersebut mengundang banyak wisatawan luar yang ingin berkunjung ke Kabupaten Ponorogo. Dengan demikian, para wisatawan juga pastinya akan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Ponorogo.

Salah satu wisata yang sedang menjadi popular saat ini yaitu wisata alam Gunung Beruk. Gunung Beruk terletak di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Jarak dari Pusat Kota Ponorogo sekitar 30 km dan dapat ditempuh selama 30 menit. Letak Wisata ini juga lumayan didalam desa karena wisata ini berupa pegunungan yang berjajar. Gunung Beruk ini merupakan salah satu gunung yang terdapat di Kecamatan Balong. Sebenarnya masih ada gunung-gunung lain yang berada di sebelah Gunung Beruk, tetapi tidak sestrategis dan semenarik Gunung Beruk. Wisata Gunung Beruk ini awal dibuka pada sekitar tahun 2014. Tetapi dulu masih belum ada yang mengetahui keberadaan tampat wisata ini. Seiring berjlannya waktu, tempat wisata ini mulai dikenal masyarakat Ponorogo. Hingga saat ini, para pengunjung wisata Gunung Beruk ini pun juga banyak yang berasal dari Luar kota. Untuk mengakses tempat wisata ini juga sangat mudah. Pengelola memberi petunjuk berupa Spanduk di arah masuk dekat jalan raya. Hal itu dapat memudahkan para pengunjung yang belum pernah kesana. Medan yang dilalui untuk menuju tempat wisata ini juga lumayan mudah jika disbanding dengan akses-akses menuju gunung-gunung lain yang relative mudah. Jalur nya juga dapat dilalui mobil. Hanya saja apabila turun hujan, medannya juga terasa licin yang artinya pengunjung harus berhati-hati apabila hujan karena jalannya pun juga naik turun.

Tempat wisata Gunung Beruk sudah sangat terkenal. Banyak wisatwan yang berkunjung baik di hari libur maupun hari biasa. Tempat wisata Gunung Beruk saat ini masih diolah oleh desa setempat yaitu para masyarakat sekitar serta hasilnya akan masuk pada pendapatan desa Karangpatihan. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Ponorogo belum menindaklanjuti pengelolaan potensi wisata yang ada di Ponorogo karena saking banyaknya potensi yang ada. Pengelolaannya pun juga sangat baik. Dimulai dari tariff masuk yang sangat murah. Hanya dengan membayar parkir sepeda motor atau mobil, anda dan sekeluarga bisa masuk dan menikmati wisata Gunung Beruk. Wisata Gunung Beruk ini sangat cocok dikunjungi dengan keluarga yang ingin berlibur. Pengunjung bisa menikmati keasrian alam dan kesejukan yang ada di Gunung Beruk. Pengunjung yang membawa rombongan keluarga pun juga bisa berpiknik di Gunung Beruk serta menikmati pemandangan Kabupaten Ponorogo dari atas puncak Gunung Beruk.

Apa saja sih yang ada di Gunung Beruk?
Fasilitas atau sarana yang menjadi daya tarik bagi Gunung Beruk adalah adanya spot-spot foto yang di sediakan pengelola. Ada banyak macam spot antara lain rumah pohon, gubuk cinta, ayunan, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga sungai yang dialiri air jernih yang sangat bagus apabila dijadikan spot foto bagi selebgram. Ada juga area bermain yang disediakan pengelola untuk para pengunjung anak-anak. Di dalam kawasan wisata ini juga terdapat toko-toko serta warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang dapat di datangi oleh para pengunjung. Harga makanan dan minuman yang dijual juga sangat terjangkau cocok bagi kantong pelajar. Pengunjung yang datang juga kebayakan dari kalangan perlajar yang mengakui ingin sekedar foto-foto dan menikmati pemandangan di Gunung Beruk. Tempat wisata ini juga cocok untk para pasangan yang sedang ingin berjalan-jalan menimati udara yang sejuk serta pemandangan dengan tidak merogoh kocek yang tinggi alias ngirit. Untuk dapat menikmati semua yang ada di Gunung Beruk, pengunjung harus dihadapkan dengan medan yang lumayan sulit untuk naik ke atas. Untuk menuju puncak gunung beruk dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari tempat parkir. Medannya juga agak terjal dan harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Saat ini, pengelola sudah mulai membuat jalan-jalan setapak dengan bentuk tangga guna memudahkan pengnjung untuk mencapai puncak agar tidak terpeleset.

Adanya tempat wisata ini juga sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Pasalnya Gunung Beruk mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dengan berjualan di sekitar tempat wisata Gunung Beruk. Selain itu juga dapat menambah devisa atau pemasukkan bagi desa Karangpatihan Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.

Selain itu, dengan adanya wisata Gunung Beruk, Desa Karangpatihan yang awalnya tidak dikenal menjadi dikenal oleh masyarakat baik masyarakat Ponorogo maupun luar kota. Selain itu, walaupun belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah, tapi pengelolaan dari desa sendiri sudah sangat baik. Buktinya mampu membuat potensi wisata Gunung Beruk ini menjadi popular di kalangan masyarakat dan mampu menarik pengunjung untuk datang. Potensi wisata seperti inilah yang harusnya jadi perhatian Pemerintah Kabupaten Ponorogo karena sudah menambah keragaman potensi wisata. Semoga kedepannya Pemerintah Kabupaten Ponrogo lebih memperhatikan agar dapat menjadi tempat wisata yang berkembang lebih baik.

VIDEO PILIHAN