Mohon tunggu...
Donna Borntri Juli
Donna Borntri Juli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, perkenalkan saya Donna Borntri J. Sihotang yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas HKBP Nommensen Medan Prodi Teknologi Hasil Pertanian.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengenalan Kopi dan Kakao Jember

17 November 2022   23:33 Diperbarui: 17 November 2022   23:38 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan modul nusantra yang dilakukan termasuk kedalam kegiatan inspirasi yang bertepatan di Pusat Penelitian Coffe dan Cocoa Jember. Pada kegiatan ini, narasumber yang dihadirkan ialah Bapak Aris Budiman. Sesampainya kami disana, kami menaiki mobil wisata yang membawa kami ke pondopo dimana disana narasumber dan kami para mahasiswa melakukan dialog interaktif mengenai kakao dan kopi yang terdapat di pusat penelitian tersebut.

Bapak Aris memaparkan bahwa terdapat 4 jenis kakao dengan bentuk yang berbeda di pusat penelitian ini serta proses pengolahan mulai dari panen hingga pasca panen menjadi produk coklat dan kopi. Bapak Aris juga mengatakan bahwa proses pengolahan merupakan zero waste dimana dari biji hingga kulit buah kakao diolah kembali. Setelah berdiskusi, kami juga beranjak ke proses pengolahan kakao dan kopi menjadi beragam produk. 

Produk yang dihasilkan berupa coklat dengan rasa milk, mint, maupun dark, ice cream, coklat bubuk, permen coklat dan lainnya. Produk hasil olahan kopi berupa kopi bubuk dengan berbagai varian salah satunya non-kafein. Pada pusat penelitian tersebut juga terdapat cafe, dimana pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati produk dan berbelanja oleh-oleh. Kota Jember dikenal dengan hasil olahan kopi dan kakao yang sangat berlimpah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun