Mohon tunggu...
Donna Borntri Juli
Donna Borntri Juli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, perkenalkan saya Donna Borntri J. Sihotang yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas HKBP Nommensen Medan Prodi Teknologi Hasil Pertanian.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Modul Nusantara Dalam Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Universitas Jember

23 September 2022   23:59 Diperbarui: 24 September 2022   00:05 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Kebinekaan 1 "Kenali Asalku"

Pelaksanaan Kegiatan Modul Nusantara 

Dalam Program Pertukaran Mahasiswa di Universitas Jember

 

Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester pada Universitas di pulau lain, tak hanya mengenai mahasiswa yang dapat mengenal pembelajaran di Universitas lain tetapi kegiatan ini juga memberikan peluang untuk mengenal daerah tersebut dengan pemahaman kebinekaan yakni modul nusantara. Modul Nusantara merupakan serangkaian kegiatan yang berfokus pada ekplorasi mengenai keberagaman dan kebudayaan daerah di PT. Penerima baik dari segi wisata, makanan, tempat ibadah, desa, dan tempat lainnya. Pada kegiatan modul nusantara ini untuk menumbuhkan pemahaman mengenai hal tersebut, maka diterapkan empat kegiatan yakni kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang dilaksanakan secara bertahap dan berututan. Universitas Jember merupakan salah satu universitas yang melaksanakan kegiatan ini dengan menerima mahasiswa yang berasal dari beragam universitas di luar Pulau Jawa.

Kegiatan modul nusantara dilaksanakan sesuai dengan kelompok yang telah ditetapkan. Kegiatan awal modul nusantara dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 September 2022 yakni Kebinekaan 1. Kegiatan dilaksanakan di Taman Edukasi Kebangsaan, Universitas Jember. Mahasiswa melakukan perkenalan diri sehingga menambah keakraban antar mahasiswa. Setelah perkenalan dilanjutkan games  tebak budaya dan ular tangga kebudayaan yakni game "Kenali Asalku". Teman mahasiswa secara bergiliran melempar dadu dan memperkenalkan serta mendeskripsikan budaya masing-masing daerah seperti makanan khas, tempat wisata didaerahnya, dan lainnya. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan memahami lebih kenaekaragam budaya dan adat istiadat di Indonesia.

Kegiatan modul nusantara selanjutnya dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 September 2022 yakni Kebinekaan 2. Kegiatan ini dilakukan dengan menonton film "Bhako". Film tersebut menceritakan mengenai adanya tindakan kecurangan yang dilakukan para tengkulak/pemborong/tingkat pembeli dari segi timbangan, tingkat grade atau kualitas dan harga sehingga merugikan para petani tembakau. Hal inilah yang menjadi kegelisahan para petani tembakau. Meski memiliki hasil tembakau yang baik tetapi petani tetap tidak dapat menjual dengan harga yang tinggi atau sesuai karena adanya permainan di tingkat pembeli tersebut. Orang-orang yang bergantung dari biaya hasil jual tembakau tersebut pun mulai gelisah dan kecewa sehingga mengakibatkan seseorang kehilangan akal sehat, tak mampu membiayai pengobatan istri, maupun tak dapat membayar hutang yang digunakan sebagai modal awal bertani.

Pada hari sabtu itu juga dilakukan kegiatan Refleksi 1 bertepatan di Museum Huruf Jember untuk lebih mengenal keragaman aksara Nusantara. Pada museum huruf tersebut dapat menambah wawasan mengenai aksara yang ada seperti aksawa Han, Sumeria, Brahmi, Hiragana, aksara Devanagari, dan lainnya. Tak hanya itu, setelah melihat aksara yang ada juga ada kegiatan diskusi dengan pemiliki museum dan kakak mahasiswa yang melaksanakan magang di museum tersebut.

Gambar 2. Refleksi 1 mengenal keberagaman aksara Nusantara di Museum Huruf
Gambar 2. Refleksi 1 mengenal keberagaman aksara Nusantara di Museum Huruf
Kegiatan berikutnya dilaksanakan pada hari Minggu, 11 September 2022 yakni Kebinekaan 3. Kegiatan berlangsung di daerah Rembangan yakni melakukan wawancara dengan enterpreneur kuliner di Jember sebagai saranan memperkenalkan budaya dan makanan khas Jember serta memperkenalkan budaya masing-masing mahasiswa, sehingga semua mahasiswa dapat memahami keberagaman antar budaya dibidang kuliner Nusantara. Setelah itu, dilanjut dengan diskusi kelompok mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan dan menikmati pemandangan di Rembangan yang merupakan salah satu tempat wisata yang sangat indah.

Gambar 3. Kebinekaan 3 di Rembangan
Gambar 3. Kebinekaan 3 di Rembangan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan