Mohon tunggu...
Donita Lestari
Donita Lestari Mohon Tunggu... Guru - Berbagi Pengalaman itu Indah

Sweetty Mom | Health Enthusiast | Penulis Blog

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Waktu yang Anda Butuhkan untuk Sembuh Pasca Operasi Usus buntu?

22 Desember 2018   12:21 Diperbarui: 25 Februari 2019   11:27 8968
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi sakit radang usus buntu

Berbagi pengalaman tentang penyakit usus buntu yang saya alami 7 tahun lalu, jujur waktu itu tiba-tiba ngerasain sakit perut yang kaya ditusuk-tusuk gitu di bagian kanan. Jauh sebelum hari itu, saya pernah mengalami rasa sakit ketika kencing dan susah BAB, sudah tahu kan ini kenapa?

Karena saya aware dengan kesehatan saya sendiri, akhirnya memutuskan izin kerja ke atasan untuk periksa dokter. Waktu dokter meriksa perut saya dengan cara menekan di bagian perut sebelah kanan, itu rasanya sakit... banget dan ga bisa ditahan. Dokter sudah menduga bahwa saya terkena radang usus buntu dan dokter meminta saya untuk cek darah dan urin.

Cek darah dan urin ternyata tujuannya untuk melihat apakah usus buntu saya kronis atau hanya akut. Setelah diagnosis dokter selesai, saya langsung dirujuk ke rawat inap dan langsung diinfus waktu itu. Dokter mengatakan dari hasil lab yang keluar saya terkena usus buntu akut. 

Berapa Lama Sembuh Total Setelah Operasi Usus Buntu

Jika usus buntu hanya meradang akut, itu dapat dengan mudah dan aman dihilangkan dengan laparaskopi, melalui tiga sayatan kecil 1-2 cm. Menginap di rumah sakit hanya waktu semalam dan bisa rawat jalan. Nyeri yang dirasakan minimal selama kurang dari seminggu.

Jika usus buntu sangat bengkak, dan divonis sudah kronis, operasi bedah apendektomi harus dilakukan untuk mencegah resiko lebih buruk. Seringkali memerlukan sayatan perut selebar 6-10 cm. Pemulihan operasi usus buntu kronis membutuhkan waktu seminggu atau lebih lama di rumah sakit dan lanjut beberapa minggu lagi di rumah. Lamanya waktu penyembuhan untuk beraktifitas normal seperti biasa, tergantun pada apakah komplikasi muncul (infeksi, pembekuan darah, dll).

Sekali lagi, tergantun seberapa parah peradangan usus buntu. Jika ringan, pemulihan akan cepat dalam beberapa hari. Jika parah seperti ada pembentukan abses (infeksi), mungkin diperlukan lebih dari seminggu.

Apa Tanda dan Gejala Radang Usus Buntu?

Pada permulaan gejala radang usus buntu, orang-orang biasanya mengalami beberapa gejala lain bersama dengan rasa sakit. Ini termasuk:

  • Kehilangan selera makan
  • Mual
  • Muntah
  • Demam ringan
  • Ketidakmampuan untuk buang gas atau buang air besar
  • Pembengkakan perut
  • Sembelit atau diare

Penting juga untuk dicatat bahwa jika Anda mengalami radang usus buntu, rasa sakit perut Anda kemungkinan akan melonjak setiap kali Anda bergerak, batuk, bersin, atau ambil napas dalam-dalam.

Lanjut ke cerita pengalaman pribadi...

Karena radang usus buntu saya hanya akut, saya minta apakah tindakan operasi bisa ditunda. Pencegahan yang dilakukan dokter adalah berupa pemberian antibiotik untuk menekan infeksi pada usus buntu. 

Dokter menyerahkan keputusan operasi pada saya dan keluarga. Akhirnya usus buntu saya diangkat 2 hari berikutnya. Itu adalah operasi laparaskopi. Sekitar 1 setengah jam adalah berapa lama operasi usus buntu berlangsung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun