Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... Penulis - www.DoniBastian.com

Seo Specialist | Kontak WA 0821-1450-1965

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Cara Membuat Internal Link dan Manfaatnya untuk SEO Artikel Kompasiana

27 November 2022   21:40 Diperbarui: 27 November 2022   22:22 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar; diengcyber.com

Setiap penulis artikel di Kompasiana tentu ingin mendapatkan banyak pembaca dan reputasi tinggi dari mesin pencari. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SEO pada artikel anda adalah dengan menambahkan internal link. Bagaimana cara membuat internal link dan apa manfaatnya untuk SEO artikel Kompasiana, dapat anda baca pada uraian berikut ini ;

Content is the king

Di dunia SEO dikenal istilah 'content is the king' maksudnya adalah bahwa kualitas sebuah konten itu akan sangat menentukan popularitasnya di mesin pencari.  Oleh sebab itu, Internal linking menjadi salah satu elemen kunci yang harus diterapkan dalam strategi SEO Anda. Untuk meningkatkan jumah pembaca artikel dan juga memberikan kontribusi terhadap nilai kualitas artikel yang tinggi.

Anda harus menggunakan internal link atau tautan internal sebagai bagian dari strategi SEO Anda. Pada artikel berikut, kita akan belajar tentang cara membuat internal linking dan manfaatnya dalam SEO.

baca juga; Jasa SEO Specialist

Apa itu Internal link?

Internal link atau tautan internal adalah bentuk tautan yang dibuat dengan menempatkan tautan lain dari website yang sama. Pengertian sederhananya adalah dengan menambahkan internal link, berarti anda sedang mereferensikan artikel lainnya di Kompasiana ini pada artikel anda sendiri. Sebaiknya artikel yang anda tautkan adalah dengan topik yang terkait dengan artikel anda.

Nama internal link berasal dari cara mengklasifikasikan link pada sebuah website, berdasarkan posisi target (kemana link tersebut mengarah). Sedangkan untuk tautan yang diarahkan ke halaman luar Kompasiana atau ke artikel pada website lain, disebut External link.

Manfaat Internal Link untuk SEO Artikel Kompasiana

1. Tautan internal lebih ramah pengguna

Penautan internal memudahkan pengguna untuk bernavigasi melalui artikel anda. Dengan menggunakan anchor text atau teks jangkar yang sesuai di artikel , anda dapat menampilkan dan mengirimkannya ke halaman paling relevan yang paling mereka minati. 

Jadi jika misalnya anda menulis artikel tentang 'cara menghasilkan uang', Anda dapat mengarahkan pengguna untuk membaca artikel lain dengan topik yang sama melalui penggunaan tautan internal ini.


2. Tautan internal meningkatkan tampilan halaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun